daily living

Selamat Ulang Tahun, Bapak

September 26, 2005

Hari ini, 26 September 2005, Bapak saya tercinta memasuki usia 58.

Bapak adalah anak ke 2 dari 12 bersaudara. Anak laki-laki tertua. Matematika adalah pelajaran favoritnya. Sejak sekolah di SR (Sekolah Rakyat) sampai meraih gelar Master dari University of Adelaide, Bapak selalu meraih nilai terbaik. 

Bapak saya adalah seorang pegawai biasa tapi sangat mahir mengajar. Mungkin karena darah guru yang kuat mengalir dari Aki. Setiap kali membantu saya mengerjakan PR, Bapak selalu penuh keseriusan mengalirkan ilmunya pada saya. Perkalian 11 adalah favorit saya saat SD karena Bapak memberikan tips yang sangat mudah sehingga suatu hari saya pernah merasa bangga di saat teman yang lain baru bisa sampai perkalian 5.

Berkali-kali Bapak mengatakan bahwa, ia tidak bisa mewariskan harta melainkan ilmu. Harta yang banyak bila dibagikan akan habis. Ilmu yang banyak, bila dibagikan tidak akan pernah habis, melainkan akan semakin bertambah.

Bapak memang tidak sering mengajak saya dan Mamah pergi ke tempat-tempat lain untuk berlibur, misalnya. Saya memang belum pernah pergi ke luar Jawa Barat. I don’t mind that at all. Suatu hari di tahun 2003, Bapak & Mamah mengajak saya pergi ke Mekah. Saya menangis. Terkadang saya pernah merasa tidak dekat dengan Bapak, tapi saat di Mekah… saya merasa sangat dekaaat sekali dengan Bapak. Saya ingat saat kami berdua berjalan ke Masjidil Haram dan berniat untuk mencium Hajar Aswad hari itu… Betapa kami sangat dimudahkan untuk menciumnya. I will never forget that, Dad… someday I hope we can do that again together.

I remember when I was hanging in the bottom… I cried so hard and my father was there for me. He didn’t blame me but hug me dearly. I’m speechless Dad…

I learn so many things from you, Dad… now I’m married, I can see things differently from here.

Selamat ulang tahun, Bapak… I know I let you down soooo many times.
I’m really sorry.
But one thing for sure… I love you!!! so much!

Ketika menulis ini, saya menangis karena tidak bisa mencium tangannya untuk mengucapkan selamat ulang tahun.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply