guest & press

Abidjan – Cote d’Ivoire

February 2, 2006
artikel untuk traveler’s tale SPICE! Magazine Februari 2006

Bila Bandung adalah Paris Van Java.
Di benua Afrika, ada juga kota yang memiliki ‘gelar’ yang sama.
Abidjan, Paris Of West Africa.
Ingin tahu ada apa dan tempat jalan-jalan yang seru di sana?

Heaven of Chocolate
Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa Cote d’Ivoire adalah negara penghasil coklat terbesar di dunia dengan kualitas yang tidak diragukan lagi. Buktinya? Sebagian besar coklat yang sangat yummy dalam kemasan yang diproduksi oleh Prancis, bahan bakunya berasal dari Cote d’Ivoire. Setiap tahun diadakan pameran coklat yang selalu menarik perhatian publik.

>>Where To Go in Abidjan
PLATEAU. Bila ingin melihat jantung kota Abidjan, maka Plateau adalah tujuan yang tepat. Plateau merupakan pusat perkantoran dan juga pusat perbelanjaan. Bila lelah, istirahat saja sebentar sambil menikmati secangkir kopi di cafe yang banyak terdapat di sini.

Berada di Plateau, coba untuk pergi ke Boulevard de La Republique untuk mengunjungi St Paul Cathedrale.

AFRICAN PARADISE. Dari Abidjan, kita bisa pergi ke marina dan menggunakan speed boat untuk menuju sebuah pulau kecil yang bernama African Paradise. Konsep yang ditawarkan hampir mirip seperti Kampung Sampireun di Garut – Jawa Barat. It’s very relaxing!

GRAND BASSAM. Terletak 45 kilometer sebelah timur dari Abidjan adalah Grand Bassam, kawasan wisata favorit para turis dan penduduk setempat. Grand Bassam adalah daerah dengan pantai yang indah. Pada masa kolonialisasi, Grand Bassam merupakan pusat pemerintahan Prancis. Tidak heran bila banyak ditemui gedung-gedung dengan gaya kolonial yang masih terawat dengan baik.

1. Cathedrale Du Sacre Couer De Grand Bassam
Adalah katedral tertua yang ada di Grand Bassam. Didirikan pada 28 Oktober 1895.

2. La Maison Des Artistes
Tempat dimana para pelukis terkenal Abidjan memamerkan hasil karya-nya.

3. Musee Grand Bassam
Bila ingin mengetahui lebih jauh mengenai Cote d’Ivoire, then you really have to go here! Guide-nya dengan sangat panjang lebar akan menceritakan dan menjawab semua pertanyaan pengunjung. Harap dicatat bahwa Cote d’Ivoire adalah French speaking country. Jadi kamu bisa mengasah kemampuan berbahasa Prancis juga di sini.

>>Where To Go in Cote d’Ivoire
YAMOUSSOUKRO. Selain Abidjan, coba lah untuk mengunjungi Yamoussoukro. Dimana terdapat La Basilique Notre-Dame-de-la-Paix de Yamoussoukro. Basilik ini adalah replica dari Basilique Saint Pierre de Rome. Pierre Fakhoury adalah arsitek basilik yang dibangun dalam kurun waktu 3 tahun. Almarhum Paus Yohanes Paulus II, pada tahun 1985 datang untuk memberkati La Basilique Notre-Dame-de-la-Paix de Yamoussoukro.

SAN PEDRO. San Pedro adalah kota yang menawarkan keindahan pantai. Setiap akhir pekan, hampir semua hotel berstatus fully booked. Kota yang tepat untuk bersantai. Berenang, berjemur atau sekedar bermain voli pantai. Dari Abidjan dapat ditempuh selama 1 jam dengan menggunakan pesawat dan kurang lebih 4 jam dengan menggunakan jalan darat.

>>Things To do in Abidjan
HIKING. Di bagian barat Abidjan, tidak jauh dari Man (kota 18 gunung) adalah tempat yang menyenangkan untuk hiking.

WILDLIFE. Taman nasional terbesar dan tertua di Abidjan adalah Comoe National Park. Taman nasional ini mengharuskan para pengunjung datang dengan mobil pribadi. Berbagai hewan seperti Singa dan kudanil dapat ditemui. Disarankan untuk menyewa guide agar perjalanan berwisata ini menjadi lebih seru.

OLAH RAGA AIR. Abidjan adalah tempat yang sangat menyenangkan untuk berbagai macam olah raga air, seperti ski air misalnya. Jangan khawatir bila belum pernah mencoba sebelumnya karena akan ada intruktur yang mengajari kamu.
Bila kamu senang memancing, coba saja untuk memancing ikan hiu di sini.

>>Where To Eat
Berbagai restoran dan cafe akan dengan mudah dijumpai di Abidjan. Mulai dari restoran Prancis, Vietnam, Libanon, Italy sampai Jerman juga ada di sini. Di area Marcory, berbagai restoran Libanon dan Timur Tengah akan mudah dijumpai. Sementara di Zone Quatre, banyak ditemui restoran dengan menu dari Prancis yang sangat lezat. Karena berada di Abidjan, coba lah untuk mencicipi makanan khas Afrika Barat seperti kedjenou, n’voufou dan attieke di maquis (tempat makan khas Afrika Barat) yang bertebaran di Treichville.

>>Where To Buy Souvenirs
Le Marche du Cocody adalah tempat yang populer untuk membeli souvenir. Di Zone Quatre juga terdapat Centrale d’Artisanat yang sering dikunjungi turis.

>>>PIC: SUVENIR1
Tidak lengkap rasanya traveling tanpa membeli souvenir sebagai kenangan. Patung kayu dengan berbagai jenis figur adalah souvenir khas dari negara ini. Jangan sampai kamu melewatkan untuk membelinya. Para seniman juga menerima pembuatan patung by request loh!

>>>PIC: SUVENIR2
Berbagai jenis asesoris seperti kalung yang merupakan untaian batu adalah salah satu a-must-buy-item. Batu-batu dari negara tetangga seperti Ghana, Mali, Burkina Faso dan Liberia juga dapat dibeli di sini. Bila ingin mendapat harga yang miring, jangan segan untuk menawar.

>>>PIC: SUVENIR3
Patung yang terbuat dari lilin ini sangat artistik dan bisa dijadikan pilihan lain selain patung dari kayu.

>>>PIC: SUVENIR4
Taplak meja yang dapat mempercantik acara candle light dinner dengan someone special.

>>>PIC: SUVENIR5
Berbagai kerajinan tembaga yang menawan.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply