guest & press

Hola! Barcelona

February 3, 2006

artikel untuk traveler’s tale SPICE! Magazine maret 2006

Berkunjung ke Barcelona sama sekali tidak akan mengecewakan! Begitu banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Begitu banyak turis yang berkunjung. Kota yang begitu hangat dengan sinar matahari dan juga bersahabat. Barcelona: Amics Per Sempre, Barcelona: always friends.

La Rambla
Jangan meninggalkan Barcelona sebelum menikmati berjalan kaki di La Rambla. La Rambla adalah jalan yang paling terkenal di Barcelona yang merupakan jalan penghubung Plaza Catalunya sampai Monument a Colom (diatasnya terdapat patung Christopher Colombus). Di jalan yang selalu penuh dengan turis dari berbagai negara ini, akan banyak ditemui butik, cafe, kios souvenir, pelukis dan happening art (saat weekend tiba). Barcelona adalah salah satu kota tua Eropa yang romantis. Jadi jangan khawatir bila ingin memberi sebuket bunga pada pasangan karena di La Rambla akan dengan mudah dijumpai penjual bunga.

Mercat de la Boqueria
Menyusuri La Rambla dari arah Plaza Catalunya, kamu akan mendapati Mercat de la Boqueria di sebelah kanan. Buah-buahan segar, sayuran, daging, ikan, keju sampai telinga babi akan dengan mudah didapatkan disini. Hall besar yang dibangun sekitar tahun 1840 ini merupakan tempat yang menarik dan bersih, banyak juga para turis yang menyempatkan diri untuk berfoto.

Di dalam Mercat de la Boqueria, kamu dapat singgah di kiosk untuk mencicipi makanan khas Catalan sambil menikmati kesibukan para pedagang.

Mercat de la Boqueria dapat dikunjungi dari jam 08.00 sampai 20.00. Buka setiap hari Senin sampai Sabtu.

La Sagrada Familia
Bila tidak memiliki waktu banyak saat mengunjungi Barcelona, maka La Sagrada Familia adalah tujuan utama yang paling tepat. La Sagrada Familia adalah sebuah katedral yang merupakan hasil karya Antoni Gaudi. Begitu menginjakkan kaki, maka akan terlihat patung-patung kisah penyaliban Yesus di dinding luar utama katedral.

Konstruksi La Sagrada Familia dimulai pada tahun 1882. Gaudi meninggal pada tahun 1926 disaat konstruksi La Sagrada Familia belum rampung. Hingga kini, La Sagrada Familia masih dalam proses kontruksi dibawah Chief Architect Jordi Bonet. Jangan lewatkan untuk menaiki tangga didalam katedral untuk mengagumi keindahan katedral dari dalam dan melihat indahnya kota Barcelona dari ketinggian 170M.

www.sagradafamilia.org

Arc De Triumf
Arc De Triumf ini dibangun pada tahun 1888. Arc De Triumf merupakan gerbang utama saat world fair di Barcelona yang di bangun dengan mudejar style. Adalah Josep Vilaseca sebagai desainer dan Josep Llimona yang mendesain 4 patung wanita pada Arc De Triumf sebagai symbol kemasyuran. Arc De Triumf ini terletak di Parc de la Ciutadella. Di area ini akan didapati banyak museum dan juga kebun binatang.

Transportasi
1. Hal terbaik dan dengan harga terjangkau untuk menikmati Barcelona adalah dengan menggunakan metro. Hampir setiap tempat tujuan menarik terletak tidak jauh dari stasiun metro. Agar praktis, kamu beli saja tiket metro yang berlaku untuk 10 kali perjalanan seharga EUR 5.80. Peta tujuan wisata di Barcelona biasanya akan dengan mudah didapatkan di airport, stasiun dan hotel.
2. Bila ingin mencoba hal lain, bisa saja menggunakan double decker bis turis Barcelona hop on hop off. Bis turis ini akan ada di spot utama pada sekitar pukul 09.00-09.30 pagi. Bis turis akan datang setiap 25 menit atau setiap 5 menit sekali saat summer. Dengan harga tiket EUR 21, kamu akan dibawa berkeliling Barcelona dengan nyaman.
3. Nikmati Barcelona sambil bersepeda. Tour dengan sepeda ini biasanya berlangsung selama 5 jam. Harga sewa EUR 22 (termasuk pajak). Untuk keterangan lebih lanjut silahkan browsing ke www.fattirebiketoursbarcelona.com
4. Dari Barcelona Sants, akan ada bus yang menuju airport bahkan lewat tengah malam pun tetap beroperasi. Harga tiketnya kurang dari EUR 4. Jauh lebih hemat daripada menggunakan taksi meskipun jarak tempuhnya hanya 30 menit.
5. Bila kamu ingin mengunjungi Madrid dari Barcelona, gunakan saja kereta api. Untuk menghemat, kamu bisa tidur di kereta dengan kelas hotel. Ada dua kelas berbeda. Yang pertama, dalam satu kompartemen terdapat dua tempat tidur (bertingkat) dan kamar mandi pribadi. Yang kedua, dalam satu kompartemen terdapat 4 tempat tidur (bertingkat).

Warning
1. Saat berada di La Rambla, kamu harus ekstra berhati-hati dengan barang-barang berharga. Di pedestrian yang tidak pernah sepi ini juga ternyata mengundang tindak kriminalitas seperti pencopetan. Bila hal terburuk terjadi, ada dua kantor polisi yang dapat kamu hubungi. Bila jumlah barang berharga lebih kecil dari EUR 400, maka kamu dapat pergi ke kantor polisi yang terletak di La Rambla 43. Bila jumlah barang yang hilang lebih dari EUR 400, kamu harus pergi ke La Rambla 80.
2. Pisahkan uang cash dengan kartu kredit. Bila salah satu tercuri, maka kamu masih dapat survive.
3. Jangan sampai kehilangan paspor di Barcelona. Bila hal tersebut terjadi, maka kamu harus menempuh 8 jam dengan kereta api menuju Madrid untuk pergi ke KBRI.

You Might Also Like

1 Comment

  • Reply Dytha July 31, 2009 at 11:16 pm

    Mampir k Nou Camp gag ? ?

  • Leave a Reply