daily living

Martabak Keju

September 21, 2007
when it comes to food, suamigila is very hard to please. aye, he’s a picky eater! 

dan memang yah, namanya jodoh... suamigila sang pemilih dalam bidang makanan, istribawel adalah seorang istri yang sering gagal dalam memasak. kiihihihihiihkhkkhkhiii…

zaman dahulu kala, waktu baru-baru nikah… tiada hari tanpa air mata. beratnya hidup di afrika dengan suami yang susah makan (so dramatis!) soalnya sumpah! susaaaaaaaah bangettt nyenengin suamigila. masakan istribawel sering ditampik (hiks!) dan telor ceplok pake kecap manis adalah pilihan utama suamigila. semangat memasak sering menukik secara tajam.

dateng ke jakarta, yang masak pembantu. yaaah, istribawel juga suka masak sih kadang-kadang… hehe.

di singapur, kembali hidup tanpa pembantu. ramadhan ini, istribawel suka masak-masak. tapi ada kemajuan. bukaaan, bukan kemajuan dalam bidang kesuksesan memasak. tapi kemajuan dimana kalo masakan gagal, istribawel ngga pernah sedih lagi. :-)))

nah, kemaren istribawel santai di sore hari. aldebaran tidur siang dengan gaya super nyungsep dengan mulut sedikit menganga. istribawel masuk dapur.

“hmmm… ada apa ya? di dapur?”

ahaaa!!! istribawel melihat ternyata ada:
1. terigu 250gr
2. gula pasir 150gr
3. telur 2 butir
4. santan 350ml
5. baking powder 1 sdt

akhirnya istribawel memutuskan untuk bikin martabak. mengingat suamigila sangat sukaaa sekali martabak yang ada di fatmawati. istribawel merenung, sekejap terbawa ingatan saat belum punya aldebaran, berdua jalan-jalan ke daerah burangrang bandung untuk membeli martabak…

istribawel lalu membuat martabak tanpa beban. ah paling juga kalo ga berhasil yaaa… gagal (jangan dicontoh ya anak-anak… ini sebuah mental yang sangat buruk).

istribawel lalu mencampur terigu dan gula pasir. lalu ditambah dengan telur. setelah itu istribawel mengambil mixer dan mencampur adonan tersebut. sambil ngemixer, istribawel memanaskan santan. sebagai informasi, istribawel senang sekali multi tasking. setelah santan panas, istribawel memasukkan baking powder. setelah itu, santan dimasukan ke adonan. kembali dimixer. setelah tercampur, tunggu 30 menit sampai adonan agak-agak kental.

tigapuluh menit kemudian, istribawel menuangkan adonan ke dalam wajan. ingat ya bloggers, api-nya jangan besar. kecil aja biar adonan matang.
nah, kalau adonannya sudah matang, ditandai dengan terlihatnya permukaan adonan seperti bulan dari jarak jauh (bolong-bolong), silahkan angkat.

karena suamigila suka martabak keju, maka istribawel hanya menaburkan keju. kalau yang suka pakai kacang. silahkan ditambahkan.

lalu adzan magrib berkumandang. suamigila dengan sangat biasa memakan martabak keju buatan istribawel.

“be… martabaknya enak.”

yay! :-)

ps, ngga sempet difoto… martabaknya udah abis sama suamigila & aldebaran :-)

You Might Also Like

4 Comments

  • Reply cit May 19, 2009 at 2:11 am

    mba ninit, suamigila ny mirip bgt ma suami ku…kalo mo makan susaaah bgt..
    dulu wkt msh srumah ma ortu ku, andelan dia telor ceplok (juga..!) plus smbl kecap (kecap manis+cabe rawit+bwg merah&putih)..
    parah ny aku ga bisa masak..hehe…

  • Reply cit May 19, 2009 at 2:18 am

    mba nit, skrg aku dah psh ma ortu.tggl drmh suami..lmyn lah ktrampilan masak agak ningkat dikiiit bgt he..
    tp te2p aja suami rewel..ikan ga doyan, ayam (kt ny) bosan, udang ga mau (kalo pun mau mesti yg sgede ‘gaban).
    u know what dia mlh doyan ikan asin.

  • Reply cit May 19, 2009 at 2:20 am

    mba nit,

    sering2 nulis resep d blog y.biar aku bisa niru…. ;-)

    sumpah, ngfans bgt deh ma blog ny!!!

  • Reply bebek September 21, 2012 at 2:26 pm

    ikutan ah bikin martabak keju nya

    hihihi

    makasi resepnya :P

    sukabebek.blogspot.com

  • Leave a Reply