daily living

Film Horor

November 14, 2007
Meski sekarang kami tinggal di Singapura acara mudik ke Indo adalah sesuatu yang sangat kami tunggu. Istribawel langsung ngebayangin makanan…, makanan…, dan makanan! Bukannya di Singapura ngga ada makanan Indonesia sih. Ada kok. Di Vivo City (mall terbesar di Singapura yang tempatnya deket banget dari apartemen kami) ada restoran Padang. Di food court-nya juga ada. Tapi rasanya laen. Beda banget!
Nah, kalo istribawel ngebayangin makanan, suamigila beda lagi. Dia ngidam untuk nonton film-film Indonesia.

Sebelum sampai Jakarta, suamigila SMS Agung, teman kami.
To: Agung
Gung, film Indonesia apa aja sih yang lagi tayang?

From: Agung
Kuntilanak 2, Pocong 3, Sundel Bolong, Get Married…

“Be! Nyampe Jakarta pokoknya kita harus nonton semua film ini!” suamigila yang penggila film ngeliatin istribawel isi SMS dari Agung.

Whoa?! Apa ini? Kok kebanyakan film horor?
Huhuhu. Ngga! Ngga! Ngga!

Dulu, istribawel ini lumayan berani untuk nonton film horor. Nonton Jelangkung 1 & 2, biasa aja. Malah istribawel sempet ngetawain sodara sepupu yang jerit-jerit.
“Ih, gitu aja takut.” Itu komentar istribawel sama sodara sepupunya.
“Ih, teh Ninit…, jangan ngehina gitu dong. Ati-ati lho kualat!”

Nah, ngga tau kena kutukan sang sodara sepupu atau apa. Sejak itu, istribawel jadi takut nonton film horor. Agak lupa sih nonton film horor apa, istribawel ketakutan berat. Yang pasti, film horor yang terakhir bikin istribawel ngga bisa tidur! Sejak itu, istribawel trauma sama film horor.
Dampaknya itu lho, istribawel ini jadi sering banget ngebayangin makhluk-makhluk serem. Misalnya lagi cuci piring, tiba-tiba muncul tangan kurus kering berdarah-darah nawarin sabun. Atau lagi nyapu, tiba-tiba ada makhluk berambut panjang yang protes rambutnya kesapu. Hehe, yah pokoknya istribawel ini sampai ke tahap dimana istribawel takut nonton film horor.

Jadi kalo suamigila nonton film horor di TV, maaf aja deh dia harus nonton sendirian.

“Ngga mau ah! Bebe ngga mau nonton horor, A!”
“Aduh…, please Be…, jangan takut. Kan ada Aa.” Tring! Suamigila ngedip-ngedip manja. Argh!

Ya udah deh, demi cinta sama suamigila, akhirnya istribawel rela nonton horor. Tapi istribawel request ke suamigila, sebelum nonton horor, harus nonton Get Married dulu. Secara, istribawel yang bikin novel adaptasinya. Penasaran banget pengen nonton. Jadi, malem itu nyampe Jakarta, kami nonton Get Married. Aldebaran dititip deh ke nenek kakeknya.

Besoknya, suamigila nagih janji. Nonton film horor. Strategi istribawel pura-pura lupa ngga berhasil. Istribawel dengan muka memelas bilang sama suamigila, “Besok aja ya nontonnya? Soalnya Bebe perlu persiapan mental nih buat nonton horor.”

Sampe akhirnya, kami udah harus ke Bandung. Eni sama Aki-nya Aldebaran udah kangen. Kami nonton di Bandung Indah Plaza (BIP). Setelah nonton Get Married, kami memutuskan untuk nonton film-nya Hanung yang lain, Legenda Sundel Bolong.

Sementara suamigila terlihat sangat percaya diri, istribawel agak resah dan gelisah. Suamigila kayaknya nyadar. Trus dengan romantis dia megang tangan istribawel.

“Tenang Be, kan ada Aa.”
Tring tring! Suamigila dengan tatapan penuh cinta. Ighh! Dasar panah asmara. Istribawel yang biasanya bawel, berubah sangat pendiam.
“Inget kata pepatah, Be. What doesn’t kill you, makes you stronger.”

Film dimulai. Mungkin suamigila ngga tau kalo sebelum itu, istribawel memejamkan mata. Baca-baca do’a dengan khusyu. Hehehe.
Tengah-tengah film, keluar deh ‘penyakit’ istribawel. Mengeluarkan pertanyaan-pertanyaan yang ganggu ke suamigila. Misalnya,
“A, hantunya yang mana sih? Kakaknya atau adiknya?”
“Ini desa-nya yang mana sih?”
“Lho, bukannya dia udah mati dan jadi sundel bolong? Kok masih hidup normal?”

Yes! Ternyata istribawel sekarang udah ngga takut lagi nonton horor. Yah, kadang-kadang kaget juga sih dan sempet megang tangan suamigila. Jerit bareng.
Sebelum dilanjutkan, harap diinget kalimat jerit bareng di atas karena itu akan jadi sesuatu yang penting.

Besoknya, suamigila ngga ngajak istribawel nonton. Tapi istribawel yang ngajak. “A! Pocong 3 ya hari ini?”

Kami nonton Pocong 3 hari Minggu. Di Empire BIP lumayan penuh, jadi yang nonton Pocong 3 hari itu lebih banyak dibanding pas kami nonton Sundel Bolong kemarin. Suamigila ngantri beli tiket, sementara istribawel beli makanan.

Kami dapet tempat duduk di E3 dan E4. Istribawel duduk di E4. Sebelahnya kosong baru ada pasangan lain yang nonton. Di sebelah suamigila, di E1 dan E2, anak kecil dan ibunya. Ngga heran sih kalo banyak film horor yang beredar. Karena, film horor itu serunya ngga ditonton sendirian. Minimal dua orang. Apalagi kalo anak sekolah seneng banget nonton film horor rame-rame.

Sebelum film dimulai, istribawel kirim SMS ke sutradara Pocong 3.

To: Monty Tiwa
Hey Monty…, mau nonton Pocong 3 niiih…, hehe…, udah di studio lagi makan pop corn. Studio-nya full!!!

From: Monty Tiwa
Hehe. Enjoy the movie ya jeng :)

Film dimulai. Seru juga nonton film horor. Musiknya bener-bener bikin tegang. Penonton studio pada jerit-jerit. Sampe akhirnya istribawel menyadari satu hal. Bahwa, yang paling keras ngejerit adalah orang yang duduk di sebelah dia. Suamigila. Bukan itu aja, bahkan saat penonton lain belum jerit, suamigila udah memimpin acara jerit-jerit. Pas istribawel nutup muka pake tangan sambil ngintip layar, istribawel ngeliat suamigila malah nutup muka rapet-rapet.

Aha!!!
Istribawel tersenyum penuh kemenangan.

Dari situ, istribawel iseng ngitungin berapa kali suamigila ngejerit. Ternyata? Lebih dari 40 kali sodara-sodara… Malah pas suamigila ngejerit, istribawel santai-santai aja. Yang menyebalkan, pas adegan yang serem banget…, eh suamigila bilang gini.

“Be, Aa mau pipis dulu ya!”
Istribawel langsung mengeluarkan sikap aslinya yang bawel. “Ih! Aa gimana sih! Yang ngajak nonton horor kan Aa. Giliran ada yang serem banget, malah kabur!”
“Hehehe…” suamigila berlalu menuju toilet.

Balik dari toilet, suamigila masih jerit-jerit. Istribawel mulai iba. Bahkan anak kecil yang duduk di sebelah suamigila aja terlihat nonton dengan tenang. Malah kayaknya dia agak-agak terganggu gitu sama jeritan suamigila.

Film udahan. Suamigila bernapas lega.
Wow! Keren banget filmnya. Istribawel langsung SMS lagi.

To: Monty Tiwa
Keren banget Mon… Gw nih yang sibuk menenangkan Adit yang jerit-jerit di sebelah gw… sebel! :)
Selamat Mon!!!

Keluar dari studio, istribawel langsung nanya sama suamigila.

“A, besok Kuntilanak 2?”
“Tidaaakkk…”

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply