read & write

ocehan si mbot – gilanya orang kantoran

October 13, 2008
ocehan si mbot – gilanya orang kantoran, bisa dibeli di . beli yaaa… lucu banget! :-)

Selama meeting dengan calon klien, gue selalu terkagum-kagum ngeliat cara bos mempresentasikan perusahaan kami. Ngomongnya diselang-seling bahasa Inggris, atau kalaupun pake bahasa Indonesia pemilihan katanya selalu terdengar ‘penting’ dan ‘profesional’, seperti:

“Kita bisa arrange pelaksanaan training ini di waktu yang paling nyaman untuk Anda.”
“Kalau kita bicara tentang quality, konsekuensinya budget harus sedikit lebih leluasa kan, Pak?”
“Keadaan perusahaan Anda saat ini mirip sekali dengan salah satu klien kami di Canada. Jangan kuatir, Pak. Kami bisa bantu Anda untuk improve.”

Definisi ‘kreatif’ yang berlaku di perusahaan ini memang cukup kontroversial, menurut gue. Apalagi kalau sudah berurusan dengan para calon klien.

Contohnya;
“Dwi, siang ini saya ada janji ketemu klien, tapi keponakan saya sunatan di Ciamis. Kamu saja yang dateng ya, kasihin nih proposal kita. Ntar biar saya yang ngomong,” kata Bos.

Habis ngomong gitu, dia angkat telepon, ngontak klien.

“Halo Pak? Mohon maaf sekali, kita belum bisa ketemu hari ini karena mendadak saya harus terbang ke Singapore… Ya, representative kami dari Canada kebetulan sedang ada di sana. Anyway, assistant saya akan ke sana untuk mengantar proposal. Boleh kita arrange untuk lunch meeting lusa, Pak? Terima kasih.”

Setelah bertahan sekitar enam bulan di perusahaan itu, gue akhirnya memutuskan untuk cabut dengan persepsi baru mengenai ‘ngantor’. Ngantor, ternyata sama dengan:
…menyebut kegiatan makan nasi padang, lontong sayur, atau sate pinggir jalan sebagai ‘lunch’
…dan kalau makannya rame-rame, maka sebutannya menjadi ‘lunch meeting’
…menyebut kegiatan ‘ngibul’ dan ‘nyolong listrik’ sebagai kreatif
…menobatkan Ciamis sebagai salah satu negara ASEAN
…bebas menulis jabatan apapun yang terdengar keren di kartu nama, sekalipun di kantor kerjanya cuma main Solitaire dan Minesweeper
…pada intinya adalah tempat di mana orang berusaha tampil jauh lebih keren dan lebih internasional daripada yang sebenernya.

Selamat datang di Taman Kubikel!

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply