Monthly Archives

March 2011

daily living

Kaskus. Sundul, Gan!

March 30, 2011

Siapa yang ngga kenal kaskus?

Dua hari yang lalu, 28 Maret 2011, saya datang ke @atamerica di Pacific Place lantai 3 untuk menyimak Digital Entrepreneurship with Andrew Darwis (@adarwis). Andrew Darwis (aka mimin) ini adalah pendiri kaskus, the largest Indonesian community (sampai saat ini member kaskus sudah ada 2,7juta lebih). Jadi bela-belain deh ke @atamerica naik ojek. :)

KasKus ini asal katanya dari KASak KUSuk, dibuat saat Andrew sekolah di Seattle, US pada tahun 1999 dengan tujuan agar anak-anak Indo yang ada di luar kalo kangen Indo bisa baca-baca berita tentang Indo. Ternyata semakin lama, yang online di kaskus semakin banyak. Hal ini yang memicu Andrew untuk bisa make money dari kaskus. Apalagi saat sepupu Andrew dateng untuk sekolah di Seattle dan cerita tentang kaskus. Andrew bilang ke sepupunya itu kalo yang punya kaskus itu adalah dia. Sepupunya ga percaya :D.

Andrew sebenernya ga niat untuk balik ke Jakarta. Saat itu, dia udah ada di comfort zone. Kerja di lyrics.com dengan gaji yang besar. Karena cerita sepupunya itu, Andrew akhirnya pulang ke Jakarta. Di Jakarta, pas lagi nongkrong di Dunkin, orang sebelahnya bawa laptop dan buka kaskus! :D Wah Andrew seneng banget! Dan dari situ niat untuk membesarkan kaskus makin kuat.

Awalnya, di kaskus ada porn dan bahkan ada iklan judi. Tapi setelah re-branding, semua itu dihapus dan member tambah banyak! Awalnya orang-orang malu ngaskus (karena identik sama yang ngga-ngga) tapi Andrew bikin strategi. Banyak seleb yang diem-diem ngaskus. Akhirnya Andrew minta tolong mereka untuk pake t-shirt kaskus dan difoto. Setelah itu, orang ga malu-malu lagi buat ngaskus.

Tentu banyak suka duka yang dialami Mimin @adarwis dalam membesarkan Kaskus. Yang membuat Andrew ngga nyerah dengan Kaskus yaitu karena Kaskus dijalankan sesuai dengan passion-nya. Jadi mau kerja sampai jam 4 pagi juga ngga kerasa karena emang seneng.

Hingga saat ini ada 41 karyawan dan 300 momod (moderator). Para momod ini ga digaji loh! Udah jadi momod di Kaskus pasti bangga yaaa :). Mereka emang cinta berat dan loyal sama Kaskus. Bentuk apresiasi, dikasih ‘cendol’. :)

Yang menyenangkan bagi saya dari mengikuti cerita Andrew tentang Kaskus adalah, begitu banyak orang yang menjadikan FJB sebagai tempatnya mencari nafkah. Bahkan dari anak SMP! Anak SMP ini ternyata kerjanya jadi tukang sundul di forum (Kaskuser pasti tau dong!). Admin udah mau nge-ban aja tapi anak SMP itu bilang, itu jadi kerjaannya… dibayar orang buat nyundul. :)

Ada satu cerita menarik. Jadi suatu hari Andrew dan partnernya datang ke kantor calon klien besar. Ngobrol-ngobrol, ternyata klien besar ini suka banget kopi luwak dan tapi ngga tau cara menyajikannya. Partner Andrew ini bilang, “Liat aja di Kaskus.” Andrew udah deg-degan abis karena pas klien besar ini ngaskus, Andrew mikir dalam hati… kalo ga ada, gimana?

Eh, ternyata ada :)

Klien besar ini langsung nge-print dan ngasih ke OBnya. Pas liat hasil print itu, OB ini berkaca-kaca. Guess what? Ternyata yang bikin tulisan itu adalah dia! OBnya klien besar ini. Wow!
Tulisannya itu dibingkai dan dipajang. Bangga karena dibaca jutaan orang.

Banyak orang yang loyal dan cinta sama Kaskus karena, di luar mungkin he’s nobody tapi di Kaskus, he’s somebody. Dihargai. Diapresiasi.

Cerita lainnya, ada pengangguran yang iseng-iseng jualan tablet untuk menghemat bensin via FJB Kaskus. Eh! Ternyata laku. Akhirnya jadi distributor. Bisa beli ruko. Suatu hari dia nanya ke Andrew rekening Kaskus. Kan memang ada donasi yang biasanya cuma 30 ribu. Ternyata, orang ini ngasihnya 30 juta! Dan dia ga bilang sama Andrew tapi Andrew tau dari siapa donasinya.

Ada mahasiswi yang rajin datang ke midnight sale. Borong. Jual di FJB Kaskus untuk konsumen yang ada di luar pulau. Laku! Penghasilannya sampe 20 juta/ bulan.

Menurut Andrew, do something, bikin bisnis sebaiknya ga harus nunggu sampe selesai kuliah. Kalo nunggu lulus, udah banyak tanggungan. Start as early as possible. Contohnya tukang sundul anak SMP itu. :)

Di Kaskus sendiri perputaran uangnya bisa mencapai 80 M. Wow! Hebat ya sumbangannya untuk perekonomian. Kagum! Oh ya Juni ini akan diluncurkan The New Kaskus dengan penampilan yang lebih rapi dan lebih memudahkan orang untuk browsing. Ga pusing. Andrew juga bilang, nanti akan ada kantor Kaskus di bilangan Kuningan. Suasananya akan dibuat seperti Google. Biar anak-anak Indo yang pinter, ga kerja di luar negeri. :)

Oh ya, ehmm mimin @adarwis ini belum punya pasangan loh :) still single. Pas di Amrik ga pacaran, kurang party :) kerja terus. Kaskus udah menyita banyak waktu. Dan ga tau kenapa, Kaskus sering down-nya pas weekend. Pacar: server.

Semoga cerita mimin @adarwis ini menginspirasi kita semua ya. :)

Thanks Devi untuk foto-fotonya. :)

read & write

Catatan Mahasiswa Gila – PreOrder

CATATAN MAHASISWA GILA! (tersedia sistem pre-order dan buku signatured edition) Penulis : Adhitya Mulya Penerbit : Republika Penerbit, 2011 Halaman : x+181 halaman Ukuran buku : 13 x 19 cm ISBN : 978-602-98883-0-0 Harga : Rp38.000,- Bagiβ€”hampirβ€”semua orang, masa-masa kuliah adalah fase yang penuh…

March 25, 2011
read & write

Catatan Mahasiswa Gila

Hari sabtu kemarin, tanggal 19 Maret, saya menemani suami untuk menandatangan novel terbarunya yang berjudul “Catatan Mahasiswa Gila”. Hanya 500 exp yang ditandatangan dan siap dipasarkan. Jadi, siapa yaa yang beruntung mendapatkan edisi bertanda tangan ini dari 4000 exp cetakan pertama yang akan beredar?…

March 21, 2011
daily living

Saya Mau, Saya Siap

Mulai hidup sehat dari sekarang? Saya mau. Saya siap. Kemarin, 16 Maret 2011, saya menghadiri acara peluncuran kampanye Mulai Hidup Sehat Dari Sekarang oleh Danone Aqua yang merupakan penyedia air minum kemasan yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Bahkan kayaknya air minum itu identik…

March 17, 2011
daily living

Sehat Itu Mudah dan Murah, Jika Kita Mau

Berapa liter air yang kamu minum setiap hari? Sudah kebiasaan saya sejak lama untuk mengonsumsi air minimal 8 gelas sehari. Bahkan konsumsi minum air putih saya meningkat sejak saya memiliki anak. Saya sangat jarang sekali sakit. Being a mother of two, I cannot afford…

March 14, 2011
daily living

#100happiness

Kemarin pagi, tepatnya, ngga tau kenapa tiba-tiba terpikir untuk membuat tweet berisi 100 hal yang membuat kita bahagia. Ya, hanya 100. Ide #100happiness agar kita mensyukuri hal-hal yang mungkin kita anggap “biasa” padahal itu adalah nikmat. Don’t know what you got till it’s gone.…

March 11, 2011