daily living

Kaskus. Sundul, Gan!

March 30, 2011

Siapa yang ngga kenal kaskus?

Dua hari yang lalu, 28 Maret 2011, saya datang ke @atamerica di Pacific Place lantai 3 untuk menyimak Digital Entrepreneurship with Andrew Darwis (@adarwis). Andrew Darwis (aka mimin) ini adalah pendiri kaskus, the largest Indonesian community (sampai saat ini member kaskus sudah ada 2,7juta lebih). Jadi bela-belain deh ke @atamerica naik ojek. :)

KasKus ini asal katanya dari KASak KUSuk, dibuat saat Andrew sekolah di Seattle, US pada tahun 1999 dengan tujuan agar anak-anak Indo yang ada di luar kalo kangen Indo bisa baca-baca berita tentang Indo. Ternyata semakin lama, yang online di kaskus semakin banyak. Hal ini yang memicu Andrew untuk bisa make money dari kaskus. Apalagi saat sepupu Andrew dateng untuk sekolah di Seattle dan cerita tentang kaskus. Andrew bilang ke sepupunya itu kalo yang punya kaskus itu adalah dia. Sepupunya ga percaya :D.

Andrew sebenernya ga niat untuk balik ke Jakarta. Saat itu, dia udah ada di comfort zone. Kerja di lyrics.com dengan gaji yang besar. Karena cerita sepupunya itu, Andrew akhirnya pulang ke Jakarta. Di Jakarta, pas lagi nongkrong di Dunkin, orang sebelahnya bawa laptop dan buka kaskus! :D Wah Andrew seneng banget! Dan dari situ niat untuk membesarkan kaskus makin kuat.

Awalnya, di kaskus ada porn dan bahkan ada iklan judi. Tapi setelah re-branding, semua itu dihapus dan member tambah banyak! Awalnya orang-orang malu ngaskus (karena identik sama yang ngga-ngga) tapi Andrew bikin strategi. Banyak seleb yang diem-diem ngaskus. Akhirnya Andrew minta tolong mereka untuk pake t-shirt kaskus dan difoto. Setelah itu, orang ga malu-malu lagi buat ngaskus.

Tentu banyak suka duka yang dialami Mimin @adarwis dalam membesarkan Kaskus. Yang membuat Andrew ngga nyerah dengan Kaskus yaitu karena Kaskus dijalankan sesuai dengan passion-nya. Jadi mau kerja sampai jam 4 pagi juga ngga kerasa karena emang seneng.

Hingga saat ini ada 41 karyawan dan 300 momod (moderator). Para momod ini ga digaji loh! Udah jadi momod di Kaskus pasti bangga yaaa :). Mereka emang cinta berat dan loyal sama Kaskus. Bentuk apresiasi, dikasih ‘cendol’. :)

Yang menyenangkan bagi saya dari mengikuti cerita Andrew tentang Kaskus adalah, begitu banyak orang yang menjadikan FJB sebagai tempatnya mencari nafkah. Bahkan dari anak SMP! Anak SMP ini ternyata kerjanya jadi tukang sundul di forum (Kaskuser pasti tau dong!). Admin udah mau nge-ban aja tapi anak SMP itu bilang, itu jadi kerjaannya… dibayar orang buat nyundul. :)

Ada satu cerita menarik. Jadi suatu hari Andrew dan partnernya datang ke kantor calon klien besar. Ngobrol-ngobrol, ternyata klien besar ini suka banget kopi luwak dan tapi ngga tau cara menyajikannya. Partner Andrew ini bilang, “Liat aja di Kaskus.” Andrew udah deg-degan abis karena pas klien besar ini ngaskus, Andrew mikir dalam hati… kalo ga ada, gimana?

Eh, ternyata ada :)

Klien besar ini langsung nge-print dan ngasih ke OBnya. Pas liat hasil print itu, OB ini berkaca-kaca. Guess what? Ternyata yang bikin tulisan itu adalah dia! OBnya klien besar ini. Wow!
Tulisannya itu dibingkai dan dipajang. Bangga karena dibaca jutaan orang.

Banyak orang yang loyal dan cinta sama Kaskus karena, di luar mungkin he’s nobody tapi di Kaskus, he’s somebody. Dihargai. Diapresiasi.

Cerita lainnya, ada pengangguran yang iseng-iseng jualan tablet untuk menghemat bensin via FJB Kaskus. Eh! Ternyata laku. Akhirnya jadi distributor. Bisa beli ruko. Suatu hari dia nanya ke Andrew rekening Kaskus. Kan memang ada donasi yang biasanya cuma 30 ribu. Ternyata, orang ini ngasihnya 30 juta! Dan dia ga bilang sama Andrew tapi Andrew tau dari siapa donasinya.

Ada mahasiswi yang rajin datang ke midnight sale. Borong. Jual di FJB Kaskus untuk konsumen yang ada di luar pulau. Laku! Penghasilannya sampe 20 juta/ bulan.

Menurut Andrew, do something, bikin bisnis sebaiknya ga harus nunggu sampe selesai kuliah. Kalo nunggu lulus, udah banyak tanggungan. Start as early as possible. Contohnya tukang sundul anak SMP itu. :)

Di Kaskus sendiri perputaran uangnya bisa mencapai 80 M. Wow! Hebat ya sumbangannya untuk perekonomian. Kagum! Oh ya Juni ini akan diluncurkan The New Kaskus dengan penampilan yang lebih rapi dan lebih memudahkan orang untuk browsing. Ga pusing. Andrew juga bilang, nanti akan ada kantor Kaskus di bilangan Kuningan. Suasananya akan dibuat seperti Google. Biar anak-anak Indo yang pinter, ga kerja di luar negeri. :)

Oh ya, ehmm mimin @adarwis ini belum punya pasangan loh :) still single. Pas di Amrik ga pacaran, kurang party :) kerja terus. Kaskus udah menyita banyak waktu. Dan ga tau kenapa, Kaskus sering down-nya pas weekend. Pacar: server.

Semoga cerita mimin @adarwis ini menginspirasi kita semua ya. :)

Thanks Devi untuk foto-fotonya. :)

You Might Also Like

19 Comments

  • Reply DwD March 30, 2011 at 9:57 pm

    Wah, ternyata begitu ya ceritanya. Dulu emang klo denger kata ‘kaskus’ pasti mikirnya langsung yang negatif. Tapi untung udah rebranding ya sekarang. Klo sampe nanti ada kantornya kaya Google gitu, seru banget tuh ya kayanya kerja di situ. *jadi pengen*

  • Reply ifnu March 30, 2011 at 10:05 pm

    waaw keren ya ceritanya :D.

  • Reply dita March 30, 2011 at 10:07 pm

    Iya inspiratif banget. Udah beberapa kali baca di media tentang Andrew Darwis tapi ga bener bener serius sih :p
    Ah gak sabar pengen kerja di Kaskus! :D

  • Reply Anggi Karimuddin March 31, 2011 at 9:58 am

    Aduh aku ngakak banget pas baca Pacar: Server.. :lol: IT bangeeeeett…
    Tapi terharu banget baca yang soal OB itu.. :’)

  • Reply Mega March 31, 2011 at 11:02 am

    waw tulisan mbak ninit bagus! sama kaya Anggi, aku juga terharu baca yang tentang OB itu :’)

    btw, bener lho jualan di kaskus itu wussshh pasti langsung laku. tapi sayangnya, kaskus itu agak berantakan di beberapa sub forum. banyak yang tau kaskus isinya hanya forum sundul-sundulan gak jelas. tapi banyak lho forum yang concern ke satu hal yang kalo ngomong gak jelas (mau nambah posting doang :p) bisa di bata sama member di thread itu. jadi yang biasa kita liat join baru 2bulan tapi post udah 2000, biasanya main di forum lounge doang tuh :p

    lho kok jadi panjang

  • Reply Mega March 31, 2011 at 11:04 am

    ohiya mbak, aku mau pesen bukunya mas Adhit tapi pas pesen gak ada pilihan mau ambil apa dikirim. soalnya pas pilih bank trasfer langsung masuk ke pilihan kurir JNE. maaf nih nanya disini. gak punya twitter soalnya :)

  • Reply dv March 31, 2011 at 1:08 pm

    sering ngaskus tp baru tau klo ada jasa sundul gt :))

    iyah yg OB terharu..sampe merinding pas baca :D

  • Reply little_star April 7, 2011 at 8:53 am

    haiiii mimin ::matagenit::

    Hebat heber yah nih orang :))
    Gw pernah dulu punya pacar admin juga, dan kerjaannya yah ‘bercinta’ sama ‘bebek’ <— linux
    Sempet ngambek²an juga gw dianggurin gara² server, NOC dan bebek

  • Reply bisri April 8, 2011 at 9:06 am

    wew keren teh ceritanya, jadi terharu pas baca tentang OB itu

  • Reply Nukew April 8, 2011 at 9:30 am

    hehe.. lama ngaskus tapi maen di FJB doank biasanya.. awalnya cmn buat nyari” barang, biasanya di kaskus harganya lbh murah dr toko.. eh lama” malah buka lapak, alhamdulillah.. tapi sempet juga ketipu di FJB, tapi masih alhamdulillah juga.. >,<

    btw, nyari jodoh lewat kaskus bisa semudah nyari barang ato nyari artikel ga yah? :D

  • Reply Aubergine April 10, 2011 at 1:52 am

    baru kali ini tau siapa yg punya kaskus …
    dua jempol deh buat andrew….
    kaskus emang fenomenal menurutku… dan ternyata banyak jg cerita2 sukses. salut degh salut!!!

  • Reply melly April 19, 2011 at 10:28 am

    dulu pertama kali ngaskus iseng doank nyari temen SMA :D (aneh yah, facebook blm setenar sekarang)
    eh ketemu.. tp bukan seangkatan melainkan kakak kelas yg sekelas sama kakak gw..hahaha

  • Reply baju muslim April 22, 2011 at 11:44 am

    Saya yakin sepuluh tahun kedepan bekerja sebagai staff di kaskus adalah salah satu pekerjaan yang paling diminati di Indonesia

  • Reply lembayungbali May 1, 2011 at 1:50 am

    Kaskus ini memang fenomenal.
    Anyway selamat buat Kaskus :)

  • Reply NanoG5 May 5, 2011 at 1:13 pm

    intisari acaranya diceritakan dengan menarik oleh teh ninit ;)

    sundul gan! :hammer

  • Reply monoceros October 26, 2011 at 4:17 pm

    Ini nih… social networking aseli buatan orang indo. Bangga gua di indo ada kaskus. Banyak potensi yang bisa digali dari sini.

  • Reply Yuselin Lesmanasari (@Yus3R) October 26, 2011 at 4:18 pm

    ada tukang sundul professional :) RT @kaskus Tulisan @istribawel ini jd nambah semangat bwt trs berbagi manfaat ke http://t.co/fSi3AtJ6

  • Reply noviany sartika (@_noviany) October 27, 2011 at 3:15 pm

    terharu + kagum bacanya :) RT @kaskus: Tulisan @istribawel ini jd nambah semangat bwt trs berbagi manfaat ke #Kaskuser http://t.co/dNU9LEZm

  • Reply Ren August 30, 2012 at 5:40 pm

    Harus jadi penyemangat :)

  • Leave a Reply