daily living

Sehat Itu Mudah dan Murah, Jika Kita Mau

March 14, 2011

Berapa liter air yang kamu minum setiap hari?

Sudah kebiasaan saya sejak lama untuk mengonsumsi air minimal 8 gelas sehari. Bahkan konsumsi minum air putih saya meningkat sejak saya memiliki anak. Saya sangat jarang sekali sakit. Being a mother of two, I cannot afford to get sick. Apalagi tiga tahun kemarin saya tinggal di Singapur tanpa ada asisten rumah tangga. Semua harus saya kerjakan sendiri. Jadi sungguh tidak terbayang kalau saya sakit.

Di Jakarta, kebiasaan minum air putih pun tetap saya lakukan. Kebiasaan saya, setelah bangun pagi saya minum dua gelas air putih. Dari dua gelas lalu meningkat jadi empat gelas. Weekdays saya menggunakan bus Trans Jakarta untuk menjemput anak saya dari sekolah. Saya tidak pernah lupa untuk membawa botol berisi air putih dalam tas. Jadi begitu sampai di sekolah Alde, saya langsung meminum habis sebotol air putih itu (kira-kira 330 ml). Hal ini saya lakukan agar saya terhindar dari dehidrasi. Bayangkan saja, dengan bernapas pun kita sudah kehilangan cairan, berkeringat sudah tentu. Sebisa mungkin minum sebelum kita haus karena haus adalah ciri dari dehidrasi ringan. Total dalam sehari, saya mengonsumsi lebih dari 8 gelas dan rasanya luar biasa! Bugar dan yang pasti sehat.

Dehidrasi adalah keadaan dimana terjadi kekurangan air dan elektrolit tubuh yang dapat berakibat serius dan berpotensi mematikan. Umumnya dehidrasi terjadi karena pekerjaan yang berat, olah raga, dan terekspos pada tempat dengan suhu tinggi. Dari berbagai penelitian sudah dibuktikan bahwa kekurangan 1% dari air tubuh saja sudah memengaruhi mood. Selanjutnya kekurangan air tubuh 2% dari berat badan dapat berpengaruh pada:

  • Pada anak pra-sekolah, menurunkan kemampuan kognitif.
  • Pada remaja dan dewasa, menurunkan 5%-10% stamina atau kemampuan fisik.
  • Pada Ibu Menyusui, menguras produksi ASI.
  • Menimbulkan rasa pusing.

Dampak jangka panjang? Gangguan metabolisme, gangguan ginjal dan infeksi saluran air kemih, terutama bagi perempuan.

Memang saya akui, yang tidak terbiasa awalnya tidak mudah untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Bagi yang ingin memulai, bisa lakukan satu gelas dulu setiap pagi lalu lama-lama meningkat. Banyak yang mengaku malas minum air putih karena pasti akan sering bolak balik ke toilet. Triknya gampang kok, tingkatkan konsumsi air putih ketika tidak bepergian. Siapkan satu jug berisi air (misalnya 1 liter) sehingga mudah terdeteksi berapa banyak air yang sudah kita konsumsi. Jadi ini semacam target hidup sehat kita untuk mengonsumsi air putih.

Kalau bangun pagi, sila perhatikan warna urin, apakah cerah atau pekat? Kalau pekat, itu adalah sinyal dari tubuh bahwa kita kurang minum air putih.

Sehat itu mudah dan murah, jika kita mau. ‘Hanya’ mengonsumsi air putih saja sudah menjadi hal yang luar biasanya bagi kesehatan tubuh. Jadi, siap untuk minum air putih minimal 8 gelas mulai hari ini?

You Might Also Like

4 Comments

  • Reply capcaibakar March 15, 2011 at 9:59 am

    Dari foto pertama sampai ketiga.. jumlah air di gelasnya samaaaaa.. :))

  • Reply ninit March 15, 2011 at 11:15 am

    loh itu udah gelas keenam :)

  • Reply linda March 16, 2011 at 4:25 pm

    konsumsi air putih saya meningkat sejak punya bayi, karna habis memberi ASI pasti haus tiada tara teh nit :)

  • Reply Peluang Usaha March 29, 2011 at 6:10 pm

    Betul mbak bahwa minum air itu sehat baik untuk ginjal termasuk darah tidak mengental yang memperberat kerja jantung dsb. Yang sulit adalah menanamkan kepada anak2 karena memang yang dipikirin adalah main. jadi kita sebagai orang tua untuk mengajarkan disiplin ini jadi setengah memaksa. Tapi semoga hal ini membawa kebaikan kedepannya

  • Leave a Reply