guest & press

Featured in Koran Republika

May 5, 2011

Koran Republika
Sabtu, 30 April 2011 pukul 14:00:00
Ngeblog, dari Iseng Jadi Bisnis

Oleh Indira Rezkisari

Ternyata, ketika serius ngeblog, uang pun bisa mengalir.

Blog bukan hal baru bagi Shinta Lestari. Sejak 2001, ketika masih bersekolah di Amerika, dia sudah rajin menulis blog.

Kala itu blogger Indonesia masih sedikit sekali. Jumlahnya, kata Shinta, masih bisa dihitung jari. Ia juga mengenal hampir semuanya.

Untuk Shinta, blog adalah alat komunikasi dengan keluarga dan teman di Tanah Air. Ternyata, blognya banyak dibaca orang. “Mungkin karena waktu itu saya termasuk segelintir anak Indonesia yang tinggal di luar negeri dan ngeblog,” katanya.

Ninit Yunita Suhermat memulai kisah ngeblog dari hobinya menulis. Kesenangan inilah yang membawanya membuat blog istribawel.com yang berisi tentang kehidupan dia dan keluarga sehari-hari. Rupanya, blog miliknya justru sukses menjadi pemenang blog personal paling favorit di Pesta Blogger 2007. Bahkan, istribawel.com dikenal pula sebagai salah satu dari 100 blog berbahasa Indonesia paling populer.

Belakangan, ibu dua anak ini mengembangkan sayap blognya. Dengan menggandeng dua blogger lainnya, Thalia Kamarga dan Shinta Lestari, Ninit mendirikan The Urban Mama, sebuah laman yang secara khusus mengupas topik mengenai keluarga dan kehamilan.

Setahun lebih setelah berdiri, Ninit bisa bersyukur karena server The Urban Mama sudah pernah rusak. “Karena yang coba mengaksesnya terlalu banyak,” kata dia.

The Urban Mama berdiri gara-gara Ninit, Thalia, dan Shinta bermukim di Singapura. Anak mereka yang seumuran membuat ketiganya kerap bertemu. Dari rajin ngeblog, ketiga memunculkan ide untuk membuat portal. Mereka beruntung karena memiliki kawan yang kebetulan bekerja sebagai desainer web.

Pada 22 Desember 2009, portal The Urban Mama berdiri. Belum genap dua tahun, sejumlah produk besar sudah meletakkan produknya sebagai iklan di portal tersebut. “Dari awal kita bercita-cita menjadikan The Urban Mama sebagai tempat para orang tua mencari informasi di internet. Tidak menyangka bisa secepat ini,” sambung Ninit.

Sekarang, ketika sudah kembali ke Tanah Air karena sang suami bekerja di Jakarta, Ninit mengaku lebih leluasa mengelola The Urban Mama. Malah, sejumlah kegiatan rutin di luar internet berjalan. Seperti diskusi yang digelar di pusat kebudayaan Amerika, @America, beberapa waktu lalu tentang ibu-ibu yang berniat untuk berwirausaha.

“Kita lihat banyak ibu-ibu yang usaha dari rumah. Jualan online,” jelasnya. Supaya dagangan mereka bisa terarah dan sanggup bersaing, The Urban Mama mengadakan sesi berbagi. Ada juga tempat bagi mereka yang memiliki produk khusus anak, bayi, dan perempuan hamil.

Kepada mereka, The Urban Mama mengenakan biaya. Selama tiga bulan, ada tarif yang harus dibayar kalau mereka menginginkan produknya bisa dijual lewat laman ini. Dana yang terkumpul digunakan bagi operasional The Urban Mama. “Tarifnya tidak mahal. Tujuan kita sebenarnya mau fasilitasi mereka saja. Alhamdulillah, ada klien yang mau beriklan di kita,” papar Ninit.

Namun, tidak sembarang produk bakal diterima mereka. “Kita pernah menolak produk yang bujet iklannya lumayan besar,” ujarnya. Alasannya sederhana, produk yang hendak diiklankan tidak senapas dengan jiwa The Urban Mama. Bagi mereka, selalu ada tempat untuk sebuah idealisme. ed: endah hapsari

Agar Dilirik Pemasang Iklan
Untuk yang berminat serius dengan blog dan berniat menjaring para pemasang iklan, Shinta Slesta dan Ninit Yunita, pendiri The Urban Mama berbagi tips:

– Pisahkan dengan blog pribadi
Belakangan, Shinta melihat makin banyak blogger yang mengungkap hal pribadi. “Padahal, kita nggak tahu siapa saja yang baca, dan itu luas sekali. Seram,” katanya. Sebaiknya, meskipun ingin berbagi cerita, Shinta menyarankan adanya batasan. Ada informasi yang tidak bisa dibagi secara penuh. Katanya, cukup tulis sesuai dengan tema yang ingin dibagi.

– Sespesifik mungkin
Beri ciri khas pada blog tersebut. Jika suka kuliner, maka fokus pada kuliner. Jangan lupa membubuhkan foto yang menarik dan cerita seputar makanan yang lebih banyak.

– Blogwalking
Hanya karena punya blog, jangan lalu terdiam diri mengamati blognya sendiri. Tengok blog lain. Beri komentar atas tulisan di blog lain. Biasanya cara itu efektif dari segi membuat pemilik blog yang dikomentari jadi tertarik membuka blog orang yang mengomentarinya. Kunjungan balik pun terjadi.

– Membangun jaringan tak kalah penting
“Perkenalkan diri. Sekarang ada Facebook dan Twitter. Update status di jejaring sosial dengan memberi link ke blog,” tutur Ninit. Meski popularitas Twitter di Indonesia makin meningkat, Ninit yakin goresan tulisan di blog akan tetap dibutuhkan. Katanya, informasi dari orang lain yang tertuang di blog sifatnya abadi di dunia maya. Berbeda dengan penggalan status di Twitter yang hanya mampu bertahan beberapa hari di dunia maya.

– Traffic tinggi
Syarat blog yang ingin bisa menghasilkan uang adalah punya tingkat lalu lintas (traffic) blog yang tinggi. Shinta menegaskan, blogger adalah penulis. Cara penyampaian lalu menjadi metode menarik orang membaca isi blog.

– Konsisten

Seorang blogger sebaiknya bisa konsisten dan fokus pada satu tema secara terus-menerus. Bukan hal mudah, namun pada akhirnya karya itu akan dihargai selama bisa tetap konsisten. Be the best at it!” tegas perempuan yang bekerja di institusi keuangan yang berbasis di Singapura ini.

You Might Also Like

6 Comments

  • Reply Widya May 6, 2011 at 5:03 pm

    Weww, awesome!. Mbak Ninit saya juga lagi belajar nge-blog. Tapi kadang-kadang sering keabisan ide mau nulis apa. Bagi tipsnya donk mbak! Trims! :)
    NB: saya sukaaaaa bgt sm novel “Test Pack” nya Mbak Ninit :D

  • Reply lady cemplux May 9, 2011 at 11:28 pm

    bener neh, mendapatkan ide untuk suatu tulisan memang tidak semua orang mudah.

    well, you have talent…

  • Reply otty May 13, 2011 at 12:41 pm

    Keren euy :)

  • Reply Orin May 13, 2011 at 3:49 pm

    Hai Teeeh, makin keren aja nih hehe. Semoga diriku ini bisa mengikuti jejakmu ya ;)

  • Reply JakartaLantern.com June 9, 2011 at 4:20 pm

    Good idea….

  • Reply ilal October 5, 2011 at 8:19 am

    makasih tips nya..
    sangat bermanfaat bgt mbak :)

  • Leave a Reply