daily living

Yahoo! Community Townhall -Education 2 0- Learning and Sharing

May 7, 2011

Kemarin saya datang ke acara Yahoo! Community Townhall -Education 2 0- Learning and Sharing di atamerica Pacific Place. Bertemu Oom WW (Wimar Witoelar) dan ngasih kabar kalo Travelers’ Tale dicetak ulang :) juga ada Melda bersama Oom WW.
Dinner, ketemu Nuniek, Ollie, and saw so many familiar faces! Tapi ga sempet say hi karena yang dateng banyak bangeeet! Dari semua acara yang saya pernah hadiri di atamerica, ini yang paling penuh. Packed!

Saya suka banget menyimak speech dari Pak Gita Wirjawan (Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia dan pendiri Yayasan Ancora). He’s so cool! Suka jazz, main sax, bahasa Inggrisnya keren, and I found him very funny as well.


Di acara ini, yang saya tunggu adalah presentasi “Education 2.0” dari Adrianus Harsawaskita (dosen Universitas Parahyangan). Sayaaang sekali, presentasinya super cepat :'( mungkin karena waktu yang sudah hampir mendekati batas acara.

Dari presentasi Adrianus Harsawaskita:

  • Perkembangan internet di Indonesia menurut APJII, tahun 98: 512ribu, tahun 2007: 25juta. Indonesia termasuk dalam 25 pengguna internet terbesar.
  • Indonesia: pengguna Twitter no 3 di dunia, FB no 2 (setelah Amerika).

Anomali:
Kecepatan internet no 138 (dari 185): Indonesia 1,43 Mb/s; Singapura 15.39 Mb/s; Thailand 5.71 Mb/s.

Karakter pengguna:

  • Untuk lifestyle.
  • Low bandwith (dari handheld bukan dari komputer).
  • Berusia di bawah 27 tahun.

Dan tau peringkat berapa kebiasaan membaca Indonesia? 111 dari dari 185. :( Bahkan tahun 1990 pernah ada penelitian di UI: 81,5% mahasiswa kurang membaca karena malas.

Menarik memang menyimak presentasi dari Adrianus Harsawaskita. Tapi Oom Wimar bilang, apakah kita harus menunggu peringkat membaca bangsa kita naik untuk maju? We need a game changer. Tanpa optimisme, we’re not going anywhere.

Indra Hajar Aryanto, Sales Strategist Yahoo! Indonesia bilang: Representation, Reputation, Response-able (responsible). “Keberadaan” kita di internet sebaiknya memperhatikan 3R diatas karena banyak kasus salah upload foto, salah tweet, bisa menjatuhkan seseorang. Oleh karena itu, internet sehat itu penting banget dimana Yahoo! menghadirkan program Yahoo! Safely. Mereka secara aktif mengajak audien berdiskusi tentang masa depan internet dan bagaimana pentingnya digital bagi pendidikan Indonesia.

Seneng banget bisa hadir di acara ini. Nambah ilmu dan wawasan. :)

You Might Also Like

1 Comment

  • Reply IndahJuli May 13, 2011 at 4:17 am

    Saya hadir di sana, dan senang bertemu lagi dengan penulis cantik sepertimu, Teh Ninit :)

  • Leave a Reply