daily living

My Life As A Housewife

August 18, 2011

Beberapa hari yang lalu, setelah berkomunikasi yang direncanakan via twitter, saya buka bersama teman-teman SMA 5 Bandung yang sekarang menetap di Jakarta. Sebagian berbeda kelas, tapi itu ngga bikin acara buka bersama itu kurang seru. Dari beberapa orang yang dihubungi, akhirnya hanya 5 orang yang bisa hadir. Seru banget deh obrolannya. Dari ga penting, obsurd, sampai yang serius, tapi ga pernah minus ketawa di obrolan kita. Saking serunya, pertemuan ini mau dibikin rutin sebulan sekali. Dan guess what? Nama pertemuannya, obsurd alias obrolan absurd.


ini nih, anggota obsurd.

Ada satu benang merah di acara buka bersama kemarin. Kalau tahun lalu, ada yang masih single, tahun ini kami semua sudah menikah. Yang berbeda, dua orang dari kami karena baru menikah, belum dikaruniai anak. Semua, kecuali saya, adalah pekerja kantoran. Ya, saya ibu rumah tangga yang juga bekerja di rumah dengan menjalankan komunitas www.theurbanmama.com. Menjadi Ibu Rumah Tangga tidak pernah saya sesali. Kalau diingat-ingat, saya merasa memang sudah jalan saya untuk menjadi IRT. Dulu sempat kerja kantoran dan belum setahun, menikah, diboyong suami ke Afrika. Kembali ke Jakarta, hamil anak pertama (Aldebaran). Lalu kembali melamar untuk bekerja di kantor lama, sayangnya tidak lolos di medical check-up karena saya sedang hamil. Lalu, saya tetap menulis novel, sampai akhirnya suami bertugas di Singapura. Di sana saya melahirkan anak kedua (Arzachel). Di Singapura, saya dan beberapa sahabat (udhien, thalia, dan shinta) mendirikan komunitas www.theurbanmama.com. Tahun lalu, saya kembali ke Jakarta dan selain menjalankan www.theurbanmama.com, saya juga menjalankan bisnis kecil www.bagtik.com. So, yes, saya seorang IRT yang juga memiliki penghasilan tetap dari bisnis yang dijalankan. Dan semua itu dijalankan dari rumah. Sementara teman-teman saya iri karena saya tidak usah berhadapan dengan kemacetan Jakarta setiap hari. Well, yes, I guess that’s the bright side.


over the moon. dapet piala ekskul futsal.

Bagi saya ngga ada yang lebih bikin saya tenang karena setiap hari saya menjalankan tugas saya sebagai IRT dan anak-anak selalu dalam pengawasan. Pagi saya masak, siangnya jalan kaki ke bus stop menunggu TransJakarta untuk menuju sekolah Aldebaran, menjemputnya pulang sekolah. Pulang Alde sekolah, belanja, atau kadang nunggu Aldebaran les membaca. Kalau menunggu Aldebaran les, saya sambil menjalankan kegiatan saya, sebagai editor in chief www.theurbanmama.com dan juga www.bagtik.com via smart phone. Jadi kualitas koneksi bener-bener penting banget buat saya. Selain itu, tiap hari juga pastinya saya telpon-telponan sama suami untuk mengabarkan bagaimana Aldebaran dan Arzachel.


saya dan teman-teman dari Johnson’s di acara Bunda Pintar Johnson’s Juni 2011.

Sesekali saya harus keluar rumah untuk meeting. Tapi itu pun ngga lama. Jadi ngga ada rasa was-was untuk meninggalkan anak-anak di rumah kepada asisten. Meski sebentar, saya selalu telpon asisten untuk berkomunikasi menanyakan kabar anak-anak sehingga bebas dari rasa khawatir.

Ya, jadi IRT memang seru. Sehari rasanya berjalan dengan cepat. Teman-teman saya suka bilang, “Ah! Elo dari dulu emang selalu aja banyak yang dikerjain sih Nit.” Mungkin memang demikian karena saya menyukainya. Terkadang, saya juga suka merasa lelah. Baru bisa cuci popok kain-nya Arzachel dan menyetrika baju pada malam hari setelah anak-anak tidur, misalnya. Tapi jujur, kelelahan itu setiap hari terbayar karena sebelum tidur, Aldebaran dan Arza selalu berebut ingin saya peluk saat tidur ketika saya selesai membacakan buku untuk mereka. Priceless! Kalau suami masih di kantor, saya sengaja meneleponnya agar suami juga tidak kehilangan momen yang menyenangkan dan anak-anak juga tetap berkomunikasi untuk merasakan kehadiran Bapaknya.


mengajak aldebaran berenang. karena alde asma, jadi rutin berenang. happy to see that he can swim! proud of him.

Momen yang saya tunggu juga adalah saat anak-anak sudah tidur, suami dan saya selalu bertukar cerita tentang apa yang sudah terjadi hari ini. Karena sudah ada anak-anak, obrolan pasti didominasi tentang mereka. Kelucuan apa yang mereka lakukan hari ini. Bagaimana perkembangan Aldebaran di sekolah dan perkembangan Arza setiap hari.

Well, I’m blessed. Sebagai IRT tetap bisa menjalankan kegiatan dengan baik. Pekerjaan rumah tangga, mengelola komunitas, update blog ini :), meeting dengan client, memenuhi undangan beberapa acara, jalan-jalan sama anak, belanja (online!) *ehm*, bersosialisasi dengan teman-teman, dan yang terpenting… komunikasi yang lancar dengan keluarga.


beberapa hari yang lalu saya ajak Aldebaran melihat penampilan Native Deen di @atamerica, seru!

Yes… I’m a woman. I’m a daughter. I’m a wife. I’m a best friend. I’m a mother.
Yes… I’m a housewife. I’m a working-from-home Mama. I’m a novelist. I’m a hard worker.
I am blessed to be able to work from home and be with my family.

You Might Also Like

28 Comments

  • Reply yasmina August 18, 2011 at 3:28 pm

    teh, punteeeen…izin nyantumin link tulisan ini di blog yaaaa….
    nuhuun

  • Reply ninit August 18, 2011 at 4:32 pm

    @yasmina: silakan :)

  • Reply Sintamilia (@sintamilia) August 18, 2011 at 4:37 pm

    This post is really inspiring. Pengen kayak gini ah nanti :D http://t.co/KLF1qe6

  • Reply anggi August 18, 2011 at 4:54 pm

    Teh ninit,

    Dari dulu aku fans berat teh ninit (tepatnya sejak beli novel test pack cover lama warna biru), tapiiii baru sekali ini berani comment di blog-nya teh ninit.
    Makin Kagum sama teh ninit yang ternyata luar biasa (karena aku selalu baca tulisan teh ninit), dan semakin kagum ketika membaca postingan yang satu ini. Teh ninit you are smart woman and mother :)

  • Reply Kiky August 18, 2011 at 5:19 pm

    Horeee, teh ninit sering update blog lagi sekaraang! :D

    Salam kenal lagi ya teeeh :)

  • Reply yenny sigalingging August 18, 2011 at 11:17 pm

    Inspiring :)
    Tengkyu sharenya Teh Ninit.. Boleh aku share di blog ku yah..

  • Reply novel blog August 19, 2011 at 12:28 am

    teh,

    your life as a housewife itu seru bgt menurutku. bisa nulis buku, punya bisnis, dan yg paling penting bisa tetep ngurusin anak.

    i’m on my way there juga. semoga bisa kayak teh ninit ya. :’)

  • Reply FIAH August 19, 2011 at 10:01 am

    sukkaaaa…..
    aku share yach teh tulisannya via FB,,,, :)

  • Reply feby August 19, 2011 at 10:42 am

    teh..ijin share ya… :)

  • Reply *)Iin August 19, 2011 at 11:50 am

    proud of u nit :)

  • Reply ira i August 19, 2011 at 12:28 pm

    Ninit,tambah keren aja nih!

  • Reply maya August 19, 2011 at 1:57 pm

    Dear ninit,
    wkt pulang kmrn nyari buku testpack abis! hiks…ada yang jual ga ya di belanda? :-)

  • Reply astrid August 19, 2011 at 4:04 pm

    Nit, jadi IRT itu SAHM atau WAHM? huahahaha, kidding. meninggalkan jejak ahhhh kayaknya belom pernah komen nih disini =D

  • Reply dela August 19, 2011 at 4:11 pm

    aku juga ingin jadi IRT!
    sampai sekarang sih masih jadi karyawan kantoran, tapi suatu saat nanti aku ingin jadi IRT yang punya usaha sendiri, dan bisa menjalankan usaha di rumah sambil ngurus suami dan anak2ku.. amin!

  • Reply Irma Ardian August 21, 2011 at 11:26 am

    Teh ninit, duh…dikau inspirasiku dari dulu..
    pahalanya berlipat2x mengurus suami dan anak..apalagi sambil kerja dr rumah…Subhanallah dpt berkahnya double..Im on my way for that

  • Reply *)Iin August 22, 2011 at 1:13 am

    sangat menginspirasi nit! :)

  • Reply ratna August 22, 2011 at 1:02 pm

    emang ga salah klo saya dari dulu (thn 2004-2005) ngefans ma teh ninit & kang adhit :) waktu itu saya ngeberaniin diri kirim email ke kang adhit cuma mau menyatakan kekaguman atas karya2 kalian :) Sukses terus yah buat teh ninit dgn sgala aktivitasnya…& kang adhit sbg kepala rmh tangga! wish a lot of blessing 4 ur family :)

  • Reply vien August 28, 2011 at 3:00 am

    senaaaaannnnggggg baca tentang ini, saya juga begitu, malah bener2 jadi IRT semenjak dibawa suami kerja di hutan papua, tanpa sinyal, tanpa internet tapi berusaha tetap berkarya dan kreatif…

    hidup MAMA RUMAH TANGGA :D

  • Reply dian September 9, 2011 at 11:40 am

    laik dis bangget :)

  • Reply Domba Garut September 18, 2011 at 9:16 pm

    Behind a strong family and a healthy kids – standing in the back stage – a professional coach, family motivator, mother – wife…

    Indeed, they are proud of you… keep it up!.

  • Reply Leni September 28, 2011 at 5:06 pm

    Halo teteh.. salam kenal ya :)
    Kalo gak salah teteh waktu itu pernah dateng pas acara Female Entrepreneurs dari startuplokal ya. Sayang gak sempet ngobrol. Saya Leni dari @talknesia :)

    Smg suatu saat bisa ngobrol2 ya.. Keren banget ih @thebagtik nya! :D

  • Reply d3vy December 2, 2011 at 12:46 pm

    aaah pengen jadi full-house-wife yg bekerja dari rumah..
    kapan ya..

  • Reply asri December 2, 2011 at 1:57 pm

    Keren Teh, walopun blm nikah dan sekarang kerja kantoran tapi selalu punya cita-cita jadi IRT yg aktif suatu hari nanti :)

  • Reply Mayya December 19, 2011 at 11:07 pm

    wah, senang rasanya ada yang bisa jadi ‘contoh’ bagaimana menyenangkannya jadi IRT. Saya baru berhenti bekerja dan jadi full time mom, kadangkala ada rasa rendah diri melihat teman2 yang notabene bekerja dan punya penghasilan sendiri. Tapi ternyata, berada di antara anak2 dan melihat perkembangan mereka setiap hari jauh lebih menyenangkan. Mdh2an saya bisa mengikuti mbak, menjadi work-at-home mom! ^_^

  • Reply fitria yunianti (@fitriayunianti) December 25, 2011 at 12:17 am

    Ure Best post so far Mbak Ninit :) “@istribawel: My Life As A Housewife http://t.co/3Y5RL8Iv #blog #oldpost”

  • Reply Rani Yulianty August 6, 2012 at 3:02 pm

    Seru banget baca blog ini, udah lama tau blog istribawel baru berani komen, udah lama ‘tau’ teh ninit dari bukunya…makin asyik dan seru baca aktivitasnya… kereen…

  • Reply adwiasti February 12, 2016 at 2:53 pm

    Aaaaahhh.. teh Nit, aku envy ehehe.. semoga aku jg bisa jd housewife yang aktif, hard worker, & kesampaian punya bisnis sendiri (di rumah) hehe..
    gasalah emg ngefans ama teh Ninit dari kelas 3SMA (semenjak baca novel Kok Putusin Gue) hehe.. ga cuman novel2nya aj yg keren, tp sosoknya jg keren! you’re an inspiring women, wife n mom, keep it up teh! xoxo

  • Leave a Reply