active gear

Mari Lari Lagi

March 12, 2015

Pengakuan. Sejak Desember 2014, saya merasa kehilangan motivasi untuk lari. Ngga tahu kenapa, rasanya shut down.
Saya mengerti pasti dalam hal apapun akan ada hal seperti ini. Ketika lingkaran berputar dan yang ada di depan mata adalah kehilangan motivasi. Api-nya hilang.

Saya lalu menjalani masa hilangnya motivasi itu. Tidak lari. Padahal dulu tidak terbayangkan kalau tidak lari. Ya, saya pernah mencoba untuk lari lagi. Tapi baru 1-2K rasanya sudah penuh perjuangan. Napas berat, ngos-ngosan, cepat lelah. Dulu bisa lari pace 7. Sekarang pace 8 pun sudah bagus.

Belum lagi pola makan yang tak terkendali. Hasilnya? Berat badan bertambah dan bentuk tubuh berubah. Duduk jadi tidak nyaman karena muffin top yang keterlaluan.

Akhirnya, pelan-pelan saya berusaha mengembalikan semangat untuk lari seperti dulu lagi.

Ini beberapa yang bisa membuat saya semangat lari lagi.

1. Follow Instagram/Twitter Yang Menginspirasi

Ketika motivasi hilang, saya coba untuk mendatangkannya kembali dengan follow akun-akun instagram yang menyenangkan pandangan mata. Tentunya saya follow @karagoucher dan @rayzahab, pelari favorit saya. Foto-foto dari akun @adidasrunning misalnya. Keren-keren! Foto teman-teman @mamarunners yang sangat inspiring. Mama Mia Salim @viprgirl dan @liananicoline yang rajin workout. Mereka keren dan konsisten.

2. Sepatu Baru

mari lari lagi 2

Sepatu lari baru bisa membuat saya kembali ke GBK untuk lari lagi. Saya termasuk yang beruntung menerima sepatu terbaru dari Adidas yaitu Ultra Boost. Saya memang penggemar Adidas dan sudah cocok menggunakan sepatu Adidas Energy Boost.

ultraboost 1

Pertama kali lari dengan Ultra Boost?
Wah! Nyaman banget! Benar-benar jatuh cinta dengan sepatu lari ini.

Yang paling terlihat dari penampilan Ultra Boost ini adalah:
1. Prime Knit cepat menyesuaikan dengan bentuk kaki. Jadi, sepatunya ini seperti “kaos kaki” bentuknya, tinggal slip on. Tidak ada “lidah” di sepatu. Ini mengurangi risiko lecet pada kaki. Ketika berlari, kaki kita dapat melebar 10mm atau lebih. Apabila ditahan, ekspansi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan yaitu dapat berupa gesekan dan cedera yang kemudian menjadikannya lecet. Pada Ultra Boost, ada bantalan yang membuat kaki saya nyaman di daerah kaki yang tidak melebar dan rentangan adaptif yang diperlukan untuk memberi kenyamanan yang maksimal.

2. Dibandingkan dengan Adidas Energy Boost, Ultra Boost menampilkan 20% material bantalan Boost yang lebih banyak.

mari lari lagi 3

mari lari lagi 4

3. Torsion System dual-density yang tertanam di dasar sepatu. Ini memungkinkan pergerakan yang lebih mandiri antara tumit dan permukaan kaki untuk stabilitas tinggi.

Highly recommended! Puas banget!

3. Mengikuti Race

Apa race terakhir yang saya ikuti? Desember 2014 yaitu SCMS – Singapore. Lari ekiden bersama mamarunners. Ekiden adalah lari jarak marathon (42,195 km) yang dilakukan oleh 6 orang. Setelah itu, lari rutin saja sudah berkurang drastis dan pernah berhenti. Shut down!

Saya sadar bahwa yang bisa mengubah keadaan ini hanya saya sendiri. Oleh karena itu saya daftar untuk mengikuti race Pocari Run 2015 supaya ada “alasan” untuk rajin lari lagi. Selain itu, race tersebut terlalu sayang untuk dilewatkan. I had so much fun last year. So I don’t want to miss the fun this year. Apalagi sudah janjian dengan mamarunners untuk foto-foto setelah finish.

4. Film dan Buku

mari lari lagi 6mari lari lagi 7

Menonton lagi film favorit saya tentang lari The Pacemaker dan Running The Sahara, membaca ulang buku-buku tentang lari Running For My Life (Ray Zahab), What I Talk About When I Talk About Running (Haruki Murakami), dan lain-lain… Cukup membantu semangat lari itu datang lagi.

5. Lari Bersama Teman

Mari Lari Lagi 5

Akhir-akhir ini saya lebih sering lari sendiri atau lari dengan teman yang satu area, dekat rumah. Mamarunners sendiri, para mama-nya memiliki juga teman dan kelompok lari yang berbeda-beda. Minggu lalu, 8 Maret, akhirnya kami janjian untuk lari-lari cantik di CFD Sudirman. Meski mayoritas tidak bisa hadir, we still had fun! Saya malah sempat kehujanan saat arah pulang kembali ke fX. Setelah lari, kami sarapan bersama. Mengobrol dan tertawa menyenangkan. Oh, ini definisi bahagia bagi saya.

Kami merencanakan untuk lari bareng sekali dalam sebulan. Yuk! Mama-mama yang mau bergabung. Tambah banyak tambah seru. Pace damai sejahtera yang penting happy.


Bagaimana pun motivasi yang hilang itu harus kita cari dan kita temukan sendiri, supaya api semangat yang ada di dalam dada, menyala di mata kita.

Remember, no pace is too slow. Mari lari lagi!

You Might Also Like

2 Comments

  • Reply gangan March 13, 2015 at 11:49 am

    6. Install Endomondo :D

  • Leave a Reply