A Glimpse of Taipei

June 1, 2015

Saya belum pernah ke negeri bubble tea, Taiwan. Makanya waktu diajak Indonesia AirAsia X dan Taiwan Tourism Bureau untuk berkunjung ke Taiwan, I immediately say yes.

Pergi Rabu malam dan kembali ke Jakarta Senin pagi. Ini yang saya siapkan.

Saya terbiasa packing dengan menggunakan organizer, jadi di koper rapi. Berhubung tidak punya banyak, tas serut yang biasanya didapat dari mengikuti race saya gunakan juga.

Baju-bajunya saya pisah. Atasan, bawahan, jilbab, underwear, baju tidur, sepatu (ya saya bawa sepatu cadangan), dan satu jaket extra karena udara di Taipei dingin (horeee akhirnya ada alasan memakai jaket ala biker favorit saya. Salam metal!).

Sampai di Taipei, saya sangat terkesan dengan kotanya yang bersih. Trotoar yang besar sangat memanjakan para pejalan kaki dan pengguna sepeda. Saya langsung iri karena sepeda sewaan, U Bike, dapat dijumpai dengan mudah.


Pelajar sekolah yang saya temui di Shilin, mampir untuk membeli snack sebelum pulang ke rumah dengan menggunakan U Bike.

Taipei cenderung aman, mengingatkan saya pada Singapore. Malam hari masih terlihat beberapa penduduk yang berjalan kaki, bersepeda, bahkan lari malam.


Menuju Kaohsiung dengan menggunakan HSR hanya 1 jam 30 menit. Sementara bila menggunakan mobil, bisa memakan waktu selama 5 jam.

Jalan-jalan utama di Taipei besar dan nyaman. Banyak jalan layang di sana sini. Transportasi umum seperti bus, MRT, HSR (high speed rail), sangat nyaman bagi pengguna.


Yoyo Card. Bisa digunakan untuk pembelian tiket dan jajan di 7-11. ;)

Hal lain yang mengesankan, penduduk Taipei sangat menghargai waktu. Acara selalu dimulai tepat waktu. Menyenangkan ya.

Fun fact tentang Taipei:
1. Durasi anak-anak sekolah beristirahat adalah 1.5 jam. Satu jam untuk makan dan 30 menit untuk tidur di dalam kelas (power nap!).

2. Di Taipei tidak jarang terlihat pemandangan orang yang membawa anjing, digendong, dengan menggunakan leash, bahkan menggunakan stroller.

3. Bubble Tea berasal dari Taipei. Bubble tea yang ada di tangan saya ini adalah dari Hanlin Tea, the first store to sell milk tea with tapiocapearls in Taiwan!

4. Kue nanas adalah kue khas Taiwan.

5. Sangat mudah menemukan 7-11 di Taipei!

You Might Also Like

3 Comments

  • Reply Yeye June 2, 2015 at 5:38 am

    Jd pengen ke Taipei nih :D

    Wah enak yah istirahatnya 1,5jam jd anak2 ga terlalu cape di sekolah :)

    • Reply ninityunita June 4, 2015 at 3:23 pm

      iyaaa ye! asik ya istirahatnya 1.5 jam! :D power nap emang bikin seger. jadi di sekolah belajarnya konsen terus.

  • Reply Ika Koentjoro May 12, 2016 at 4:01 pm

    Selama keliling taipei aku jarang lihat anak2. Kayaknya bener kabarnya kalau pertumbuhan penduduk disana rendah. Btw, trotoar di taipei lebar2. Enak buat jalan2

  • Leave a Reply