Muslim-Friendly Tourism? It’s Time For Taiwan

June 4, 2015

Ketika diajak pergi ke Taipei, ada satu kekhawatiran saya yaitu mengenai makanan. Saya sadar pergi ke negara yang penduduknya sedikit beragama Islam tentunya akan menjadi sedikit tantangan bagi saya untuk menemukan makanan yang halal.

Tapi ternyata kekhawatiran saya itu langsung hilang, ketika sampai di Taipei, saya langsung mendapatkan buklet Muslim Dining in Taiwan yang dirilis oleh Taiwan Tourism Bureau. Buklet ini semacam panduan bagi kita yang beragama Islam selama berada di Taiwan. Restoran-restoran yang bersertifikasi halal ada di sini, mulai dari Taiwan area utara, selatan, timur, barat, dan pusat. Lengkap dengan alamat, telepon, website, dan jenis makanan yang disajikan restoran (Thai, Indian, Chinese, Western, bahkan Indonesian!). Tidak hanya restoran tapi ada juga masjid-masjid yang terdapat di Taiwan.

Ini membuktikan bahwa Taiwan sangat serius mengakomodasi kebutuhan turis muslim yang jumlahnya tidak sedikit untuk mengunjungi Taiwan. Saya sempat ngobrol-ngobrol dengan Sunny Yen dari Taiwan Tourism Bureau, Sunny mengatakan bahwa Taiwan sangat bersemangat untuk membangun lingkungan wisata yang nyaman bagi teman-teman muslim. Chinese Muslim Association (CMA) menyediakan fasilitas untuk membantu hotel dan restoran dalam mendapatkan Muslim-Friendly Certification dan Sertifikat Halal. Wah seneng banget yaaa! Sebagai seorang muslim, saya merasa di welcome banget di Taipei. :)

Dari puluhan tempat yang bersertifikasi halal, saya mengunjungi beberapa. Diantaranya adalah Vigor Kobo, Kunming Islamic Restaurant, Tajin Moroccan Cuisine, dan Yunus Halal Restaurant.

Vigor Kobo

Hari pertama di Taipei, kami mengunjungi Vigor Kobo, bakery terkenal di Taipei – Taiwan yang menyediakan kue tradisional Taiwan dan pastries. Terdapat sertifikat halal yang terpajang di belakang bakery dan juga saat saya berkunjung ke lantai 2 untuk melihat proses pembuatan Pineapple Cake yang merupakan kue andalan mereka.


Ini dia berbagai rasa Pineapple Cake, kue khas Taiwan. Enak-enak semua deh! Rasanya seperti kue nastar tapi tidak terlalu manis, pas!


Pineapple Cake, kue khas Taiwan. Kemasannya cantik! Tentu saya membelinya, oleh-oleh untuk orangtua tersayang.

Yang menyenangkan, di Vigor Kobo ini kita bisa praktik langsung membuat Pineapple Cake. Seru deh! Jadi pengalaman yang menyenangkan, ngga cuma mencoba kuenya saja.

Kunming Islamic Restaurant

Restoran ini terletak di jalan kecil, tepatnya di no.26, Lane 81, Fuxing N. Rd. Taipei.

Pemiliknya adalah Yacoob Mah.

Makanan yang disajikan? Yum! Enak-enak banget deh dengan porsi yang generous. Yang langsung jadi perhatian adalah uang kertas dari berbagai negara para turis yang berkunjung ke sini. Ayooo… keliatan ga rupiah di sana? ;)

Tajin Moroccan Cuisine

Sesuai namanya, restoran ini menyediakan makanan khas dari Morocco. Pemiliknya memang orang Morocco.

Tajin adalah makanan Morocco yang dimasak dengan cara slow-cooked dengan bumbu-bumbu yang khas, biasanya terdiri dari daging, ikan, sayuran, dan disajikan dalam wadah yang khas ala Morocco.

Di restoran muslim halal seperti ini, ngga cuma muslim yang dine-in. Yang non-muslim juga banyak.

Yang saya suka dari Tajin ini, interiornya minimalis. Keliatan kaaan Ikea banget :D *du-uh #FBI #FansBeratIkea detected yaaa.*

Yunus Halal Restaurant

Enaaak banget makan di sini! Happy tummy deh! :)

Di restoran ini juga ada musalla yang letaknya di lantai 2. Oh ya, di salah satu dinding restoran, ada foto-foto pemilik restoran dengan the famous yang pernah dine-in di restoran ini dari berbagai negara.


The famous dari Indonesia yang pernah berkunjung ke restoran ini. Tebak siapa? ;)


Bersama teman-teman media.

Jadiii,
buat temen-temen muslim yang mau ke Taiwan? Bisa dipertimbangkan untuk mengunjungi Taiwan karena based on pengalaman saya, friendly bagi kita yang muslim. :)

You Might Also Like

5 Comments

  • Reply Nurul Dwi Larasati June 5, 2015 at 12:45 pm

    Simple penjelasan tulisan mba Ninit..like it!

  • Reply Honey Josep June 9, 2015 at 12:36 pm

    *spotted Rp50.000*

    restonya bersih banget, seneng liatnya :)

    Jadi pengen kesana segera :)

  • Reply Ika Koentjoro May 12, 2016 at 4:06 pm

    Kemarin juga sempet ke pabrik ini buat bikin Pineapple Cake. Rasa kulitnya mirip pie. Harganya lumayan mahal ya 360 NT untuk 1 kotak isi 10. Kalau di pasar shilin night market harga sekotak 70 NT. Tapi.. ya jauh lah kualitasnya.

  • Leave a Reply