personal thoughts

Kebiasaan Pasangan yang Mengganggu

February 1, 2016

Minggu pagi, saya lari pagi (Sunday Morning Run/SMR) dengan mbak Fioney Sofyan. Sudah beberapa kali saya SMR bersama mbak Oney. Karena kami penganut pace lari cantik, jadi selalu ada obrolan yang menyenangkan. Salah satu pembahasan SMR kami adalah, “Kenapa pasangan berpisah.”

Percaya ngga. Salah satu yang membuat pasangan berpisah adalah masalah pasta gigi.

Question:
Tipe apakah kamu?
a. Team pencet pasta gigi dari tengah.
b. Team pencet pasta gigi dari ujung.

Lalu saya membuat poll di twitter. Dari 60 orang yang berpartisipasi, ini hasilnya:

Karena pembahasan ini, saya jadi ingat… awal menikah dulu saya juga sempat mengalami hal ini. Suami heran karena saya pencet pasta gigi dari tengah. Sudah dari kecil, ibu mertua saya mengajarkan suami untuk pencet pasta gigi dari ujung.

Sebenarnya bagi saya sih ngga masalah, mau dari ujung atau tengah. Pembelaan saya sih, meski dari tengah… in the end, kalau pasta gigi mau habis saya pasti lipat ujungnya supaya pasta gigi terkumpul dan klip ujungnya. Problem solved kan?

Hampir 12 tahun menikah, jujur sih rasanya sudah ngga pernah ada hal-hal seperti itu yang mengganggu. Kebiasaan saya sendiri juga pastinya banyak yang mengganggu suami. Tapi kami sudah sampai di titik, itu sudah ngga penting lagi untuk jadi masalah. The perks of getting older and wiser, I guess. :)
Masing-masing udah sampai di tahap, “You deserve a better me.” Masing-masing saling menghargai usaha untuk menjadi lebih baik.

Paling satu hal yang saya ngga suka kalau suami pulang malam aja, meskipun dia sudah bilang. Saya suka suami ada di rumah, meski ngga ngapa-ngapain… his nearness is important. Meski dia sibuk ngetik dan saya juga. Tapi itu sudah lebih dari cukup. Ngga banyak syarat. :)

Bukannya kami ngga pernah berantem. Pernah banget! Apalagi awal menikah. Tapi susah kalau lama-lama berantem. Waktu itu tinggal di Afrika, jauh aja dari siapa-siapa. Rugi banget kalau lama ribut.

Sebenarnya hal seperti itu bisa diperbaiki kan dengan komunikasi yang baik daripada dipendam dan menumpuk sampai suatu hari jadi penyebab perpisahan dengan pasangan.

Ini salah satu video favorit saya dari TED yang terlalu sayang untuk dilewatkan untuk dilihat:

It’s crystal clear. What we get from this 75-year study is this: Good relationships keep us happier and healthier. Period.

You Might Also Like

7 Comments

  • Reply MeriskaPW February 2, 2016 at 9:03 am

    Haha, iya banget, kadang kebiasan kecil yg sepele emang bs jd sumber pertengkaran, namanya jg kebiasaan, susah dirubahnya,, :D

  • Reply Farina Anis February 2, 2016 at 9:37 am

    Bagus banget teh..
    Thanks for sharing.

  • Reply marsha February 2, 2016 at 12:28 pm

    kalo aku kebalik teh, aku yg biasa pencet dari ujung and si suami yang biasa pencet dari tengah.. kayaknya perbedaan pasti selalu ada ya namanya juga dibesarkan dengan cara yang berbeda, balik lagi gimana kita saling mengerti aja deh kayanya.. :)

  • Reply feni February 2, 2016 at 12:43 pm

    ya ampuuunnn teh Nittt! aku tiap hari pasti mencetin dari ujung, karena si suami dari tengah hahahahahahahaha gengges liatnya wkwkwk tapi yasudah, malah jadi rutinitas hahahah

  • Reply mira February 3, 2016 at 12:13 pm

    Kalo akuuu.. Pencet dari tengah lalu kalau sudah mau habis baru dari belakang. Untungnya Udjo juga serupa. Jadi gak berantem. Hehehehe. :D

  • Reply Honey Josep February 10, 2016 at 3:01 pm

    Teh Ninit, kalau aku tim pencet dari ujung sedangkan suami dari tengah tapi gak pernah berantem soal beginian sih. Paling sering gegara suami taruh handuk basah di atas kasur, dulu tuh jadi masalah besar tapi sekarang “sing waras ngalah”

    Setuju banget sama kalimat terakhir, Good relationships keep us happier and healthier!

    • Reply ninityunita February 11, 2016 at 5:04 am

      hahaha iya nih anduk basah juga kayaknya jadi masalah rumah tangga yaaa selain si pencet pasta gigi. :D
      salah satu teman juga cerita gitu.

    Leave a Reply