home & living

6 Manfaat Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria)

August 13, 2016

Terus terang, dulu saya tidak menyukai mengurus tanaman. Mungkin tepatnya lebih ke sekadar penikmat keindahan tanaman daripada harus mengurusnya. Tiap kali melihat tempat atau rumah yang hijau dengan indahnya tanaman, saya pasti selalu terpesona. Saya paling senang melihat Lee Kuan Yew yang menjuntai dan berbagai jenis tanaman yang berbunga. Tapi kalau untuk mengurusnya? Hmmm, terima kasih deh. Mungkin faktor saya tinggal di apartemen juga menjadi alasan terbesar saya. Lahan terbatas, mau disimpan di mana? Repot ngga mengurusnya?

Berbeda dengan saya, Ibu saya justru menyukai tanaman. Halaman rumah orangtua saya di Bandung cukup asri. Hijau dan menyegarkan dengan adanya tanaman yang dirawat dengan baik oleh Mama. Entah terkena apa, satu pot tanaman yang disebut Sirih Belanda, saya bawa ke Jakarta. Kata Mama, gampang kok merawatnya. Tinggal disiram saja. Bahkan bisa tumbuh di medium air juga. Oh! Kalau gampang adalah kata kuncinya, saya bersedia mencoba.

Cerita selanjutnya, tanaman Sirih Belanda ini tumbuh dengan baik. Dari hanya satu pot sekarang sudah beranak menjadi beberapa pot. Tumbuhnya cukup baik juga sampai daunnya menjuntai. Lalu saya mendapat hidayah lagi untuk menambah tanaman di apartemen. Baru-baru ini, saya cukup rajin membuka Instagram. Ada satu tanaman yang menarik perhatian saya yaitu Ketapang Biola. Saya suka daunnya yang besar-besar dan mempercantik ruangan. Lalu, ada satu tanaman dalam ruangan yang menjadi favorit saya, Lidah Mertua (sansevieria). Dari yang ngga tahu namanya sampai saya jatuh cinta sekali dengan tanaman ini. Harganya pun ngga mahal. Saya mengadopsi dari nursery di Parkir Timur Senayan setelah lari pagi. Satu pot kecil dengan daun yang panjang-panjang, hanya sekitar Rp 25.000. Satu pot besar yang saya beli seperti foto di atas Rp 80.000 (duh semoga memang harga pasarannya segini ya!).

Satu hal yang paling membuat saya sangat merasakan manfaat tanaman dalam ruangan adalah udara menjadi lebih baik. Anak saya yang pertama, alergi debu dan beberapa kali terkena serangan asma. Saya notice ketika saya mulai rajin merawat tanaman di dalam ruangan, anak sulung saya jadi jarang terkena serangan asma. Biasanya kalau batuk-batuk sedikit, sudah jadi alarm bahwa serangan asma akan datang. Patah hati dimulai.

Ternyata, Sansevieria alias lidah mertua/snake plant ini memberikan banyak manfaat.
1. Menyerap Polutan
Dari penelitian yang dilakukan NASA Clean Air Study tahun 1989, tanaman Lidah Mertua secara efektif dapat menghilangkan polutan (seperti formaldehyde, xylene, toluene, dan nitrogen oxides). Lidah Mertua bekerja membersihkan udara dengan cara menyerap racun melalui daun-nya dan memproduksi oksigen. Mungkin juga bisa mempertimbangkan untuk menyimpan satu pot Lidah Mertua di kamar tidur karena pada saat tanaman lain melepaskan karbon dioksida pada malam hari, Lidah Mertua meneruskan memproduksi oksigen.

2. Mengurangi Sick Building Syndrome
Apakah Sick Building Syndrome itu? Sick Building Syndrome adalah keadaan dimana ruangan yang ditempati oleh orang-orang memiliki kandungan karbon dioksida (CO2), nikotin, dan efek penggunaan AC yang tinggi. Dengan menempatkan Lidah Mertua di ruangan, zat-zat yang tidak bermanfaat yang merugikan kesehatan kita, dapat dikurangi.

3. Menetralkan Racun Nikotin
Pasangan masih berusaha untuk berhenti merokok? Coba deh tempatkan Lidah Mertua di area tempatnya biasa merokok. Lidah mertua mampu memproduksi oksigen dalam jumlah tinggi sehingga asap tembakau yang mengandung racun nikotin, dapat dinetralisir.

4. Menyerap Radiasi
Dari sumber yang saya baca, ternyata Lidah Mertua juga mampu menyerap radiasi. Tempatkan satu pot Lidah Mertua di living room rumah kita, radiasi peralatan elektronik seperti televisi, komputer, dan handphone bisa diserap.

5. Sebagai Dekorasi Ruangan
Coba deh intip instagram. Akun-akun Instagram banyak menampilkan ruangan yang cantik dengan penampilan Lidah Mertua di sana. Seketika, ruangan terasa berbeda dengan kehadiran Lidah Mertua. Foto-foto ruangan di Instagram, dijamin jadi lebih kece!

6. Mudah diurus
Lidah Mertua ini sangat mudah diurus! Jangan khawatir kalau kita lupa menyiramnya atau harus pergi beberapa hari ke luar kota. Justru tanaman Lidah Mertua ini tidak boleh sering disiram! Kalau sering kita siram, Lidah Mertua akan cepat membusuk dan mati. Siram sedikit saat tanahnya terlihat kering. Bagi newbie, tanaman Lidah Mertua ini sangat ideal bukan?

Selamat mempercantik rumah ya. Dengan lahan terbatas pun seperti tinggal di apartemen, kita masih bisa menghadirkan tanaman di rumah. Saya percaya bahwa dengan tempat tinggal yang nyaman dan menyenangkan, kualitas hidup kita akan meningkat. Saya sangat merasakan hal ini terutama dengan progress anak sulung saya yang semakin membaik jarang terkena serangan asma.

You Might Also Like

4 Comments

  • Reply Nia Efendi August 16, 2016 at 11:05 pm

    Assalamualaikum teh, salam kenal yah:) Ya Allah aku punya tanaman ini di teras rumah deket kran air tp selalu lupa kalo mau nyiram, syukurlah kalo emang ga boleh terlalu sering disiram hahaha.

    • Reply ninityunita August 17, 2016 at 4:28 pm

      waalaikumsalam nia… hahaha iya malah gampang banget yaa ga perlu sering disiram. justru malah jangan sering disiram. pindahin sedikit ke pot buat di dalem rumah juga jadinya kece banget deh nia.

  • Reply Zaneti August 24, 2016 at 1:02 pm

    Salam kenal mbak.. blog nya inspiratif sekali, apalagi saya di rumah memelihara banyak tanaman juga. Ga nyangka ternyata taneman ini banyak manfaatnya. Sukses terus untuk blog nya, saya juga baru merintis menulis. Doakan yah hehe.. :)

  • Leave a Reply