daily living

No More Anyang-anyangan!

September 8, 2016

Beberapa hari terakhir ini saya rajin banget beres-beres dan bersih-bersih rumah. Maklum deh karena tinggal di tempat kecil, harus rajin sortir mana barang yang memang terpakai dan tidak. Makin ke sini, saya makin “menyederhanakan” beberapa hal. Misalnya, dulu suka pusing pilih baju yang mau dipakai apa… sekarang? Saya punya 4-5 kemeja dengan warna dan model yang sama. Jilbab juga dulu tuh punya warna warni. Tapi kalau dievaluasi, ah! yang dipakai itu-itu aja. Jadi yang ngga saya pakai, lebih baik dihibahkan.

Tas juga, meski ngga banyak, tapi punya beberapa. Saya jual di instagram dan hasilnya saya donasikan dalam bentuk beras untuk yang membutuhkan. Biasanya sih saya ngga suka jual-jual tapi why not? Kan untuk sesuatu yang baik juga. Berbagi itu benar-benar bikin senang hati ya… dan bener, dengan berbagi justru kita bertambah “kaya”. Sadar bahwa yang kita butuhkan untuk bersyukur itu ngga perlu banyak syarat. Bahagia itu sederhana memang bener banget ya. Ngeliat ekspresi penerima beras yang bahagia itu udah luar biasa rasanya.

Satu hal yang ngga pernah saya take it for granted adalah kesehatan. Ngga kebayang kalau ngga sehat, segala aktivitas jadi terhambat. Makanya saya memilih olahraga lari yang ngga banyak syarat dan mudah untuk dilakukan. Meski saya kalau lari lambat banget, tapi saya cukup keras kepala untuk ngga berhenti. Sampai sekarang saya masih rutin lari. Nikmat sehat itu luar biasa, jadi sebagai muslimah salah satu bentuk syukur saya dengan berolahraga. Justru kalau ngga rutin olahraga, badan malah jadi ngga enak. Ngga fit.

Kemarin-kemarin ada satu hal yang sangat mengganggu saya. Pernah ngga rasanya pengin buang air kecil se-sungai, eh! justru yang keluar malah sedikit… mana ngga tuntas-tuntas. Selalu ada rasa pengin buang air kecil terus. Jadi sering banget bolak-balik ke kamar mandi. Sumpah! Nyebelin banget kan ini. Yang sangat mengganggu itu kalau terjadi di malam hari. Jadi bikin susah tidur dan kualitas tidur terganggu. Padahal, penting banget kan tidur yang berkualitas itu. Akhirnya saya cari tahu dan tanya ke teman yang dokter, saya kena yang namanya anyang-anyangan. Asli ngga enak banget! Daaan jangan sampai kena deh. Kalau saya lebih ke ganggu. Tapi buat yang lain ada juga yang sampai sakit dan pusing. Tau ngga, anyang-anyangan adalah salah satu gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK), oh no! Jangan sampe kena deh!

Guess what, ternyata 5 dari 10 perempuan itu pernah kena yang namanya anyang-anyangan ini. Kenapa bisa anyang-anyangan? Penyebabnya adalah bakteri E-Coli yang menempel pada dinding sel epitel saluran kemih. Trus kenapa sampai bisa kena bakteri ini? Ternyata ada beberapa penyebabnya seperti menahan buang air kecil, cara membasuh yang tidak benar (harus dari depan ke belakang), air untuk membasuh yang tercemar bakteri, toilet yang kurang bersih (kalau di rumah kita bisa kontrol kebersihannya tapi kalau di toilet yang digunakan umum, permukaannya harus dibersihkan dulu ya).

Dari 4 uji klinis, proven kalau jus buah Cranberry bisa digunakan sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kemih. Singkatnya, Cranberry memang dipercaya efektif untuk menghambat bakteri E. coli yang jadi penyebab anyang-anyangan. Cranberry ini mengandung sebuah zat yang bernama Proantocyanidin (PAC) yang bisa mencegah bakteri menempel di dinding saluran kemih. Jadi PRnya adalah nyari jus buah Cranberry. Bisa beli atau bikin. Tapi ternyata ada cara yang simpel banget. Waktu saya ke Century, saya menemukan URI-CRAN, suplemen ekstrak Cranbery cara alami untuk mengatasi anyang-anyangan. Happy banget rasanya! Ngga perlu ribet bikin jus Cranberry kan. Selain dalam bentuk kapsul ada juga URI-CRAN dalam bentuk minuman powder dalam kemasan sachet (URI-CRAN Plus). Saya sukaaa banget! Rasanya seger banget deh. FYI yah, untuk URI-CRAN Plus, selain mengandung ekstrak Cranberry, juga mengandung probiotik dan Vitamin C.

Untuk kapsul, komposisi URI-CRAN per kapsul adalah 250 mg ekstrak Cranberry. Bisa kita konsumsi 1-2 kapsul sehari. Untuk URI-CRAN Plus, komposisinya adalah 375 mg ekstrak Cranberry dan bisa diminum sebanyak 1-2 sachet per hari. Tinggal pilih aja lebih suka yang mana. Kalau saya sih dua-duanya juga suka.

Alhamdulillah setelah mengonsumsi URI-CRAN ini, anyang-anyangan saya menghilang. No more anyang-anyangan! Aktivitas saya ngga terhambat, bisa tidur enak, dan semakin menjaga kesehatan sebagai bentuk syukur atas nikmat sehat yang diberikan.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply