family

Magrib Mengaji

April 16, 2017

Biasanya, kami sholat magrib berjamaah. Kadang-kadang anak-anak sholat ke masjid yang letaknya tidak jauh dari apartemen. Meski tinggal di ruang terbatas seperti apartemen, tidak jadi halangan untuk melaksanakan sholat secara berjamaah. Terutama, ini penting bagi kami sebagai orangtua, mengajarkan dan mencontohkan keutamaan sholat berjamaah.

Sholat berjamaah kami lakukan di ruang tv. Anak-anak bergantian menjadi imam. Ini menjadi sarana belajar juga bagi mereka bahwa kelak mereka akan menjadi pemimpin dan setiap kita adalah pemimpin bagi dirinya sendiri. Ya, tentunya ngga mudah meminta anak-anak menjadi imam. Drama pasti ada :) Yang sulung protes karena terus-terusan menjadi imam sementara yang bungsu keukeuh ngga mau jadi imam.

Setelah sholat biasanya kami mengaji. Menghafal surat-surat pendek. Bagi saya, ini penting untuk dilakukan sejak anak kecil karena daya ingat mereka pada masa ini sangat baik. Terus terang sih, saya dan anak-anak sering “berantem” :D mereka sering kesal kalau saya koreksi dan harus mengulang-ulang bacaan agar dilafalkan dengan benar. Lagi, ini penting bahkan sangat penting. Tidak hanya sekadar ingat tetapi makhroj-nya juga harus benar. Kalau kita “benarkan” maka artinya akan berbeda. Jadi, saya harus jadi tiger mama :D

Memang sih, saya akui saya rasanya ngga enak kalau “berantem” sama anak-anak. Tapi mereka tahu kok kalau saya sayang banget sama mereka, bahkan sampai sekarang masih sering rebutan minta dipeluk Mama. :)
Reward paling menyenangkan adalah ketika sholat berjamaah, mereka mulai membaca surat-surat yang panjang… which I didn’t do when I was their age.

Salah satu tips yang membantu proses menghafal Juz Amma adalah tiap mengantar mereka ke sekolah, memutarkan surat yang sedang dihafal (saya beli di iTunes) dan untuk menghafal ayat-per ayat yang bisa diulang-ulang, ada apps-nya juga (saya download aplikasi Ayat, rekomendasi Wirda Mansur). Kalau mereka udah sampai sekolah, baru lah kalau mau mendengarkan radio atau mendengarkan lagu :D

Do’akan yaa semoga proses ini bisa berjalan dengan baik.

You Might Also Like

2 Comments

  • Reply Lia Harahap April 17, 2017 at 8:00 am

    Hi Mbak Ninit,
    Tulisan ini menginspirasi saya untuk menghapal lebih banyak surat lagi dengan cara mendengar. Kalau lagu-lagu aja saya bisa cepat hafal, kenapa tidak dengan surat-surat di Al Quran :)

    • Reply ninityunita April 20, 2017 at 2:23 pm

      hi Lia,
      Betul! Mendengar membantu kita cepat menghafal surat-surat pendek. Apa aja deh jalannya yang baik :) Kita coba.

    Leave a Reply