daily living

Sakit Tenggorokan? Ini Dia Cara Efektif Mengatasinya

May 21, 2017

Beberapa hari ini sering liat #garagaragargle di Instagram dan jadi pengen nulis ini karena related banget dengan cerita dan pengalaman saya soal sakit tenggorokan.
Cuaca Jakarta akhir-akhir ini sering banget berubahnya ya. Kerasa kadang panas banget, kadang hujan deras banget. Kondisi yang kayak gini plus dehidrasi atau kurang konsumsi air minum pastinya bikin tenggorokan jadi lebih kering dari biasanya. Nah kondisi ini yang bikin bakteri gampang banget nyerang dan berkembang biak. Ngga heran kalau udah ada beberapa teman di sekolah anak-anak yang mengeluh sakit tenggorokan kayak rasa gatal di tenggorokan dan sakit saat menelan.

First of all, kalau blog readers belum tahu, ternyata 85% sakit tenggorokan itu disebabkan oleh virus, dan virusnya sama seperti penyebab batuk dan pilek lho! Makanya ngga heran kalau sakit tenggorokan ini biasanya diikuti dengan batuk atau pilek.

Alhamdulillah suami dan anak-anak memang ngga sering sakit tenggorokan walaupun lingkungan sekitar udah mulai banyak yang sakit. Soalnya saya selalu menyediakan dan membiasakan suami dan anak saya kumur dan gargle setiap hari dan lebih sering lagi kalau lingkungan lagi banyak yang sakit. Nah kalau saya selalu pilih Betadine Obat Kumur. Namanya juga Ibu, anak-anak atau suami sakit sedikit, biasanya langsung panik. Jadi kalau keliatan ada tanda-tanda sakit tenggorokan, langsung deh saya minta anak-anak untuk segera kumur dan gargle selama 30 detik sekitar 3-5 kali sehari, kalau lagi ngga sakit saya selalu biasakan sebelum tidur dan pagi hari setelah sikat gigi aja.

Kenapa saya memilih Betadine Obat Kumur? Karena berdasarkan pengalaman pribadi, orangtua saya selalu menyediakan Betadine Obat Kumur ini, dan ternyata dengan melakukan kumur dan gargle selama 30 detik terbukti efektif membunuh virus penyebab sakit tenggorokan (ini hasil googling by the way). Oh ya, caranya dengan gargle ya bukan dengan dikumur karena beda ☺.
Biar lebih jelas, ini nih perbedaannya:
– Berkumur: hanya di mulut saja.
– Gargle: kumur sampai di tenggorokan.

Seru deh kalau minta anak-anak gargle ☺ Buat mereka sih fun banget karena suara yang ditimbulkan kedengarannya lucu. Jadi don’t worry, ngga susah kok minta anak-anak buat gargle. Percaya deh! ☺

Betadine Obat Kumur ini adalah antiseptik rongga mulut yang mengandung Povidone-Iodine 1% untuk atasi kuman penyebab sakit tenggorokan, sariawan, gusi bengkak dan bau mulut yang ngga sedap.
Pemakaian Betadine Obat Kumur Antiseptik ini aman-aman aja kok kalau mau digunakan setiap hari. Karena itu dari dulu, saya dan keluarga biasanya menggunakan Betadine Obat Kumur ini saat berpuasa karena saat berpuasa obviously mulut jadi lebih kering thus kuman lebih gampang berkembang kan. Buat yang belum nyoba, rasanya nyaman kok. Ngga pedas dan bikin mulut kering. Nah sebentar lagi kan Ramadhan nih! Saya udah nyetok Betadine Obat Kumur di rumah. Sungguh persiapan yang matang ya.

Pernah sih coba mouthwash lain, tapi jadi kayak ketergantungan, mulutnya terasa lebih kering dan perih sama pedas kalau kumur. Lebih harum sih, tapi jadi worry karena pasti mengandung parfum dan alkohol. Jadi balik lagi deh, pakainya Betadine Obat Kumur. Betadine Obat Kumur itu mengandung Povidone-Iodine yang sudah dipercaya di seluruh dunia selama lebih dari 50 tahun. Apa sih Povidone-Iodine? Povidone-Iodine adalah zat anti mikroba yang secara efektif terbukti dapat membunuh bakteri, virus, dan jamur.

Trus boleh bikin pengakuan kan kalau saya masih suka mengonsumsi gorengan? ☹ Ya udah tau siiih risikonya kalau makan gorengan dan makanan berlemak itu bikin gatal tenggorokan. Jadi biasanya abis makan gorengan, langsung deh kumur sama gargle sama Betadine Obat Kumur.

Betadine Obat Kumur ini juga bisa dipakai saat traveling, umroh atau hajji (tahu kan kalau saat ini virus MERS dan SARS mewabah di sana). Kalau habis jenguk yang sedang sakit biasanya saya gargle Betadine Obat Kumur juga di rumah.

Oh ya, ngga perlu khawatir pakai Betadine Obat Kumur ya soalnya ngga akan bikin warna gigi jadi kuning kok. Warna kuning di cairan Betadine Obat Kumur itu bisa hilang dengan dibilas dengan air, jadi ngga meninggalkan bekas.

Buat yang lagi sakit tenggorokan, coba deh rekomendasi saya ini. Mudah-mudahan cocok yaaa… dan inget yaa, di-gargle bukan dikumur. ☺

Stay healthy and stay happy!

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply