daily living

Liburan Berdua Bersama Anak ke Singapore

June 16, 2017

Tahun lalu, saya dan anak sulung saya, Alde, liburan berdua ke Singapore. Konsepnya jalan-jalan santai aja sih. Tidak ingin terburu-buru dan mengejar harus ke beberapa tempat. Tapi memang ada satu tempat yang ada di daftar yang wajib dikunjungi yaitu Art Science Museum. Selebihnya? Menikmati Singapore, bertemu teman, dan bahkan bertemu dokter kandungan yang dulu melahirkan Arza, anak ke dua saya.

Beberapa hari yang lalu, Arza sempat melihat vlog perjalanan saya dan Alde tahun lalu ke Singapore. Tiba-tiba dia bilang, “Ma, Arza mau ke Singapore juga.” Lucu juga sih mendengar requestnya. Biasanya dia jarang minta sesuatu. Kalau saya ingat-ingat lagi, sejak lahir, Arza belum pernah ke Singapore lagi. Ah! Good idea. Berhubung tahun ini Alde juga akan pergi mengisi liburannya, saya jadi bisa kencan jalan-jalan berdua bersama Arza. Malamnya, langsung deh buka Traveloka. Tahun lalu, saya memesan tiket pesawat dan hotel via Traveloka. Selalu puas dengan servicenya, jadi tiap perjalanan biasanya sih saya melakukan pemesanan via Traveloka. Sekaligus lebih bagus! Tahu sendiri kan kalau di Singapore itu menginap di hotel bisa jadi pos pengeluaran yang besar, alias mahal :D Tapi kalau via Traveloka kerasa banget bisa lebih hemat ketika pesan tiket pesawat dan hotelnya sekaligus. Pembayarannya juga praktis. Pilih aja mau transfer, menggunakan credit card, transfer via atm, bahkan cicilan juga bisa.

Yang pasti jadi tujuan utama buat jalan-jalan sih ke Art Science Museum: Future World, karena Arza minta banget ke sana. Terus terang, saya juga betah banget kalau ke sana :D seruuu! Future World is a permanent exhibition. The installations will change and evolve over time to keep the exhibition fresh and relevant.

Saat saya berkunjung ke Art Science Museum tahun lalu bersama Alde, ada 15 seni instalasi dan projek interaktif bagi orang dewasa dan juga anak-anak. Sebagai orangtua, saya sangat menikmati dan had so much fun bersama si anak sulung di sini. Rasanya betah untuk tinggal berjam-jam untuk bermain dan mengagumi eksebisi yang ditampilkan.

Future World ini terbagi atas 4 tema instalasi: Nature, Town, Park, dan Space.

Nature
Kami memasuki ruangan gelap yang merupakan taman digital. Dari lantai sampai langit-langit kita bisa melihat bunga-bunga dan juga kupu-kupu. Yang menyenangkan, bunga dan kupu-kupu ini juga memberikan respons saat kita menyentuhnya. Luar biasa! Ini salah satu spot wajib untuk berfoto dengan anak-anak. Mereka suka sekali! Selanjutnya kami melihat 100 Years Sea Animation Diorama. Di lantai terdapat beberapa bean bag, kita bisa bersantai di sana sambil melihat layar yang besar dan lebar yang menampilkan gelombang laut. Kita bisa melihat perubahan dari terang ke gelap.

Town
Ini bagian favorit anak saya! Di Sketch Town, anak-anak bisa mewarnai gambar dan menuliskan namanya. Setelah di scan, gambar tersebut akan muncul di layar. Imajinasi anak-anak bisa disalurkan di sini. Mulai dari gambar gedung, rumah, dan alat transportasi. Pengunjung pun bisa menyentuh layar. Siap-siap untuk berlama-lama di sini.

Selain Sketch Town, ada Train Block, A Table Where Little People Live, Media Block Chair. Semuanya menyenangkan!

Park
Di bagian ini kita bisa melihat berbagai permainan yang melibatkan kegiatan fisik dengan teknologi digital. Siapa yang bisa menahan diri untuk tidak bermain hopscotch? Create! Hopscotch for Geniuses, saya membuat “pijakan” hopscotch sendiri dan bermain. Kalau dulu masa kecil, kita menggunakan kapur, di sini anak-anak menggunakan teknologi digital yang mengagumkan. Di zona park ini juga kita bisa melihat Light Ball Orchestra, Sketch Aquarium, dan Story of the Time when Gods were Everywhere.

Space
Menurut saya, zona ini adalah bagian yang paling menyenangkan dari eksebisi. Terdapat lebih dari 170.000 lampu LED yang memberikan ilusi bintang-bintang di luar angkasa dengan efek suara yang mengagumkan. Membuat kita seakan-akan ada di luar angkasa. Super cool!

Penginnya sih seharian di sini, biar Arza puas! :) Mungkin abis itu bisa jalan-jalan santai aja di Orchard untuk makan es krim atau main-main ke Harbourfront Area atau Tiong Bahru, biar bisa cerita sama Arza dulu kita pernah tinggal di dua area tersebut.

Bagi saya, penting untuk kencan dengan masing-masing anak :) After all, they’re getting bigger. Liburan berdua ke luar kota/negara bisa jadi kesempatan untuk lebih mendekatkan hubungan ibu dan anak dengan pengalaman yang berbeda.

You Might Also Like

2 Comments

  • Reply sherlie July 3, 2017 at 12:39 pm

    Teteeh.. I’ve been reading your blog since you guys still in africa. aku mau bawa nge date anak bujang ku awal agustus ini ke legoland tpi mau melipir bentar ke sin.. ah thank you for the info ya teh

    • Reply ninityunita July 7, 2017 at 6:01 pm

      wahhh sherlieee… terima kasih yaaa udah mampir :) duh senangnyaaa. sip! melipir lah sebelum ke legoland. aku malah belum pernah ke legoland :D gantian yaa nanti minta contekannya.

    Leave a Reply