daily living

Visa Financial Literacy Series – #IbuBerbagiBijak

August 11, 2017

“Ada 50% perempuan yang belum bisa membedakan mana yang namanya simpanan, tabungan, dan investasi”.

Serius?

“Yakin punya tabungan? Itu tabungan apa dompet elektronik?”

Nah, gimana reaksi blog readers atas dua pernyataan dan pertanyaan di atas dari Financial Educator, Prita Ghozie?
:D Cukup menyentil kaaan.
Beberapa hari yang lalu, saya hadir di acara Visa Financial Literacy Series yang diadakan oleh Visa dan IbuBerbagiBijak. Selalu suka deh datang ke acara seperti ini. Sebagai istri, pastinya kita punya peran penting dalam mengatur keuangan keluarga, oleh sebab itu kita harus selalu mengupdate ilmu finansial kita. Ya kaaan?

Saya dan suami termasuk pasangan yang sangat terbuka mengenai keuangan. Ngga ada rahasia. Saya bersyukur banget karena suami termasuk tipe yang sangat memberikan perhatian penuh akan keuangan keluarga. Terus terang, inisiatif rencana keuangan keluarga lebih banyak datang dari suami… dan sangat detail! Jadi kami pernah konsultasi dengan teman yang seorang finansial planner. Tujuan utamanya sih, apakah yang selama ini sudah kami lakukan apakah benar? Dan komentar teman kami itu, “Wah rapi banget ini rencana keuangan kalian. Kalau semua klien gue kayak gini, happy deh.”

Menurut saya, acara yang diadakan Visa ini keren banget, meningkatkan literasi keuangan kaum perempuan yang plis deh ngaku, kebanyakan perempuan biasanya memiliki beberapa masalah keuangan yang khusus. Apalagi penyebabnya kalau bukan bad habit, jumlah saldo utang, gaya hidup, dan juga inflasi harga.

Nah, dari acara kemarin ada beberapa hal yang bisa dipelajari. Kalau kita ingin keuangan kita lebih terkendali, maka ada beberapa langkah yang bisa kita dilakukan;

  • 1. Financial Check Up
  • 2. Membentuk Dana Darurat
  • 3. Mengatur Utang
  • 4. Membuat Anggaran Belanja
  • 5. Merencanakan Keuangan

Dengan bantuan financial checkup, maka dapat diketahui seperti apa kondisi keuangan rumah tangga.
Kategorinya;

  • Tidak Sehat adalah kondisi dimana pengeluaran lebih besar daripada penghasilan.
  • Sehat adalah kondisi dimana pengeluaran sama besarnya dengan penghasilan.
  • Mandiri adalah kondisi dimana penghasilan lebih besar daripada pengeluaran.
  • Sejahtera adalah kondisi dimana penghasilan lebih besar daripada pengeluaran, dan juga adanya kepemilikan penghasilan pasif dari aset, tidak punya utang, serta kemampuan berderma.

Ada 3 perangkat untuk melakukan Financial Check Up, yaitu:

    1. Mengisi Tabel Kekayaan Bersih
    Data dan kategori aset yang dimiliki menjadi aset kas, aset investasi, dan aset konsumsi. Sedangkan, utang dapat terbagi menjadi utang jangka pendek dan jangka panjang.

    2. Mengisi Tabel Arus Kas
    Membuat pencatatan pemasukan dan pengeluaran. Hal-hal yang dapat membantu dalam penyusuan tabel ini adalah mengumpulkan data-data seperti bon belanja, mutasi rekening, dan lainnya selama tiga bulan.

    3. Hitungan Rasio Keuangan

Happy deh dengan Visa Financial Literacy Series ini. Benar-benar bermanfaat. Dan yang bikin saya senang sih karena acaranya ngga hanya di sini, tapi akan ada seri selanjutnya. Can’t wait!

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply