thoughts

Karena Rezeki Tidak Akan Tertukar

December 14, 2017

Asli. Dia memandang saya dari atas sampai bawah. Ngga lama lalu berkomentar. “Apa yang elo pake, kemahalan!”
Ngga cukup satu kali. Dia mengatakan itu dua kali. Memastikan supaya saya mendengarnya.

Sedih?
Ermm ya gimana ya… ga nyaman banget kan dengar komentarnya. Manusiawi. Tapi ngga tau kenapa respon yang keluar spontan dari saya adalah, “Iya lah biar gaya aja.” Sambil tersenyum manis meski hati teriris *halah* :D.

Kejadian itu udah lama sih. Mungkin 3 tahun lalu. Tapi saya masih ingat mungkin karena terbawa perasaan :D. Jadi suatu hari, saya janjian sama teman-teman untuk Sunday Morning Run. Ternyata hari itu hujan. Jadi ya udah lah, gagal lari. Tapi saya dan teman-teman tetap jalan dan iseng banget malah bawa payung. Sedang jalan ke Bundaran HI, tiba-tiba ketemu seorang teman (lari), laki-laki. Begitu melihat saya, dia berhenti. Lalu diantara percakapan, dia menyempatkan berkomentar seperti yang sudah saya tulis di atas. Kaget? Iya lah.

Jujur, saya tidak menyangka dia akan berkomentar demikian.

Iya benar, yang saya pakai serba Adidas. Mulai dari long sleeve, vest lari, celana, sampai sepatu.
Pertama, semua yang saya pakai itu adalah pemberian dari Adidas Indonesia. Jangan tanya kenapa saya menerimanya. Saya sendiri tidak tahu. Mungkin beberapa orang berpikir saya tidak pantas untuk menerimanya… tapi kenyataannya saya diberi dan sebagai penggemar brand tersebut, saya tentu dengan senang hati menerimanya. I’m honoured. Karena cocok dan suka dengan produknya, tentu saya pakai.

Kedua, saya tidak merugikan siapa-siapa.

Ketiga, mungkin memang sudah rezeki saya. Alhamdulillah rezeki anak sholeh, they say. :)

Dalam hal apapun, mungkin kita pernah berpikir, kok bisa sih si X yang mendapatkan sesuatu. Diam-diam kita menjadi juri yang menilai kalau dia tidak pantas mendapatkan itu. Padahal, kita tidak tahu bagaimana cerita di balik layarnya kan.

Suami saya selalu bilang, “Rezeki tidak akan tertukar.”

Semua sudah ada yang mengatur. Yang Maha Mengatur sudah memberikan dan itu sudah tidak akan mungkin salah alamat. Tidak mungkin rezeki milik kita tertukar dengan yang lain.

Kalau ingat-ingat itu, semua rasa yang tidak enak akan patah dengan sendirinya karena argumen apapun, tidak akan keluar jadi pemenang.

Dalam menjalankan bisnis, pasti ada aja hal yang membuat patah hati (manusiawi… boleh, tapi ngga perlu lama-lama). Baca tulisan Teh Wina, pasti bisa relate deh. Misalnya kita yang bikin konsep dari nol sampai akhirnya alhamdulillah bisnis kita bisa maju, eh! dicopy gitu aja sama orang lain. There’s nothing new under the sky. Kalau diingatkan lagi dengan rezeki tidak akan tertukar, yakin deh… hati kita jadi lembut dan tenang.

Tetap semangat! :)

You Might Also Like

19 Comments

  • Reply Lita December 14, 2017 at 9:38 pm

    Setuju! Saya juga pernah mengalami hal manusiawi yg Teh Ninit alami. Saya bukan pebisnis, hanya penyanyi biasa yg rezekinya selalu dapat dari event TV. Mengingat dunia musik penuh persaingan, pasti ada aja yg beranggapan, “Kok bisa sering nyanyi di TV ya? Padahal suaranya biasa aja”. Saya mah tetap semangat buat latihan vokal terus karena Rezeki Tidak Akan Tertukar. โค

    • Reply ninityunita December 19, 2017 at 8:52 am

      Litaaa… semoga makin sering nyanyi di event2 TV yaaa. Selalu seneng deh kalo liat Lita nyanyi… si wanita bersuara emas :) Tetap semangat, Ta!

  • Reply Novianti December 15, 2017 at 7:17 am

    Hatur nuhun teh ninit…jd pengingat saya

  • Reply maya rumi December 15, 2017 at 7:51 am

    teh nit ini aq baca pagi-pagi dikantor, adem deh jadinya… kebetulan dikantor lagi ada yang HOT tentang rejeki juga. apapun yang kita dapat besar kecil harusnya tetap bisa bersyukur dan jangan membandingkan dengan yang orang lain dapat. tfs teh nit

    • Reply ninityunita December 19, 2017 at 8:55 am

      sami-sami, maya… kalau ada apa-apa dan dikembalikan lagi ke rezeki tidak akan tertukar, udah… kelar deh ya :) apapun yang kita dapatkan sudah diatur dengan baik. tinggal disyukuri.

  • Reply Woro December 15, 2017 at 8:11 am

    Kewajiban tidak akan salah pundak dan rejeki tidak akan pernah salah tangan~

    Memang harus ada yang mengingatkan ini sih Teh, kadang aku sama suami juga suka ‘terkagum-kagum’ sama rejeki yang orang lain dapat. Positifnya kan kita jadi lebih giat lagi, kalo uda mulai ke negatif ya saling mengingatkan aja. Dia dapetin itu semua pakai usaha loh, kita ga tau kan usaha apa atau hal apa yang uda Allah ambil dari dia sebelum dapet rejeki itu :) .

    • Reply ninityunita December 19, 2017 at 8:56 am

      betul woro.
      pokoknya tugas kita tinggal bersyukur dan berusaha semaksimal mungkin, yang terbaik yang kita bisa. in syaa Allah usaha tidak akan mengkhianati hasil.
      sukses selalu buat woro :)

  • Reply Yeye December 15, 2017 at 9:12 am

    aku punya banget cerita ini tehhh.. Jd pengen posting jugaaaaa..

    Iya bnr teh, kadang org suka jadi juri yah, mrk ga ngerti kita pontang panting nya gmn :)

    Semoga kita selalu dilembutkan hati nya dan dikasih “adem” trs :D

    • Reply ninityunita December 19, 2017 at 8:57 am

      yeyeee… aku udah baca curcolnya :D
      tetap semangat ye! yang penting apa yang kita dapatkan halal dan tidak merugikan orang lain yah.

  • Reply kiky December 15, 2017 at 10:43 am

    and I have a friend who loves saying ” yahh…loe mah enak” for everything she can’t do (or have) while other able to do (or have) so :-/
    perjuangan orang kan beda-beda ya

    • Reply ninityunita December 19, 2017 at 8:58 am

      betuuul…
      masing-masing punya “battle”-nya sendiri. ada yang diceritakan, ada yang tidak. yang penting, kita berusaha yang terbaik. semangat ky!

  • Reply Curhat aja :D - Bemzky Yeye December 15, 2017 at 12:02 pm

    […] ini baca postingan teh Ninit yang ini dan si bumil ini pun jadi latah juga pengen bikin postingan yang sama […]

  • Reply dewi December 18, 2017 at 9:22 pm

    indeed teeehh. Rezeki tidak akan pernah tertukar. Panjang bangeeett kalau cerita pengalaman sendiri ataupun lingkungan sekitar sih hihihii

    • Reply ninityunita December 19, 2017 at 8:59 am

      hahaha… ayooo! kalo ketemu cerita-cerita yaaa wiii.

  • Reply tubagus nurcholis December 22, 2017 at 7:14 pm

    lama gak mampir. ijin share ya teh…

  • Reply Elok December 27, 2017 at 9:27 am

    ah, bener banget, gak bakal ada kata tertukar dalam kamusNya. Sama banget disini suami jg sering banget ngingetin. Jadi adem sih, hehehe…

  • Reply Haya Najma December 30, 2017 at 5:11 am

    Kalau si dia baca postingan ini kayanya langsung keselek. Tp ini juga membuatku lebih memperbaiki diri lagi untuk memandang orang lain mba nitt. Makasi

  • Leave a Reply